Kunjungan Oi Maria Terus Meningkat, BTN Tambora Perketat Protokol Covid

48

 

DOMPU-Keindahan akan pesona air terjun Bidadari wisata alam Oi Marai di kawasan Taman Nasional Tambora terus memukau.

Saat ini arus kunjungan wisata dikawasan air terjun Oi Marai terus mengalami peningkatan. Hampir setiap hari selalu saja ada pengujung yang datang.

Suasa ramai akan terlihat pada akhir pekan. Sejumlah pengunjung datang bersama kerabat dan family, terutama oleh wisatawan lokal baik dari Kabupaten Dompu maupun daerah tetangga, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Meskipun lokasi air terjun Oi Marai lumayan jauh dari pusat Kota Dompu dan Bima. Namun seiring adanya perbaikan infrastruktur dan askes jalan yang kini memadai.

Kondisi tersebut tentu akan mempersingkat jarak tempuh perjalanan pengujung dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata alam yang terletak di Desa Kawinda Toi, Kabupaten Bima itu. “Kunjungan terus meningkat. Sebulan bisa tembus seribu orang pengunjung,” ungkap Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yuniadi. S.Hut, saat dikonfirmasi media ini, pagi tadi.

Ditemui diruang kerjanya. Kepala BTN Tambora, mengatakan objek wisata air terjun Oi Marai merupakan prioritas pihak BTN Tambora dalam rangka pengembangan sektor pariwisata di kawasan taman nasional Tambora. “Pembenahan sarana pendukung terus dilakukan. Karena kami sadar Oi Marai kian menjadi primadona pengunjung,” katanya.

Meskipun demikian, pihak BTN Tambora tidak ingin kecolongan terkait persoalan kesehatan lingkungan di Oi Marai terutama bagi para wisatawan.

Ditengah pandemi Covid 19, petugas mewajibkan bagi setiap pengunjung untuk patuhi protokol kesehatan.

Sebelum melakukan registrasi dan membayar tiket masuk Rp 5.000 (Hari biasa) dan Rp 7.500 di hari Minggu. Setiap pengunjung di cek suhu tubuh, wajib mencuci tangan dengan sabun dan tidak berkerumunan. “Protokol kesehatan kita perketat. Tujuan kita tentu untuk menjaga kesehatan pengunjung dan Oi Marai tetap steril. Bagi yang tidak patuh ya tidak diizinkan masuk,” ujar Yunaidi.

Papa tahun ini, fasilitas pendukung yang sudah disediakan pihak BTN Di Oi Marai yakni akses jalan dan tangga yang terbuat dari bahan furniture kayu dengan bentuk yang rapi dan cukup unik

Adanya sarana ini pula diakui Yuniadi ternyata mampu memberi daya pikat tersendiri bagi sejumlah pengunjung. “Akses jalan sekarang lebih aman dan nyaman. Banyak pengunjung memanfaatkan untuk foto dan berselfie,” katanya. (DB02)

Komentar