oleh

Air Tandon Tidak Terisi, Pencegahan Covid d Pasar Belum Optimal

 

DOMPU-Kerja keras pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Corona di Dompu gencar dilakukan.

Namun sayang, ditengah upaya tersebut ternyata masih saja terjadi hal-hal yang justeru menciderai niat dan kerja keras pemerintah dalam pencegahan Covid 19.

Di pasar induk Dompu, sejak awal pandemi Covid 19 telah ditempatkan sejumlah tandon sebagai wadah bagi para pedagang dan warga untuk mencuci tangan.

Tandon berukuran kecil dan sedang itu sengaja ditempatkan di pasar bawah dan pasar atas. Untuk tandon yang dipasar bawah air nya bersumber dari jaringan PDAM. “Persoalan muncul karena tandon yang di pasar atas itu sering kosong tidak diisi air,” ungkap Kepala UPTD Pasar Dompu, Muzakir Akbar kepada media ini.

Kondisi tersebut kerap menjadi keluhan bagi sejumlah pedagang dan warga yang berbelanja ke pasar. Menurut Muzakir yang bertanggung jawab atas pendistribusian air untuk kebutuhan tandon itu pihak BPBD dan Dinas LH. “Awal-awal nya saja ada air. Sekarang tandon kosong karena tidak pernah ada distribusi air,” ungkapnya.

Tidak tersedianya air pada sejumlah tandon di beberapa titik di pasar atas hal itu kata Muzakir telah berlangsung lama.

Pihaknya kata dia, telah sering kali mengkoordinasikan persoalan itu kepada ke pihak BPBD, Tim Gugus maupun Dinas LH. “Mereka malah terkesan saling lempar tanggung jawab. Buktinya tidak ada distribusi air,” cetus kepala pasar berkepala plontos ini.

Untuk memenuhi apa yang menjadi keluhan padagang dan pengunjung pasar. Muzakir meminta Bupati Dompu agar menginstruksikan Tim Gugus Tugas, BPBD maupun LH segera memperhatikan persoalan itu. “Ini bagian upaya pencegahan Covid. Tentu ini menjadi tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Kondisi kosongnya air tandon yang dipasang pemerintah itu juga menuai tanggapan sejumlah warga di pasar atas. “Kalo begini penanganan Covid di pasar tidak serius namanya,” ujar para pedagang.

Sejumlah pedagang juga mengaku air tandon itu sudah lama kosong. “Ndak pernah diisi. Setiap hari kosong, kita isikan air hujan juga kalo pas turun hujan,” ujar beberapa orang montir disalah satu teras toko di pasar atas.

Secara terpisah, Kalak BPBD Dompu, Jufrin ST saat dikonfirmasi mengaku pihaknya bersama Dinas Lingkungan (DLHK) adalah pihak yang bertanggung jawab dan memiliki tugas dalam mendistribusikan air tandon di pasar atas Dompu. “Segera saya koordinasikan,” ujarnya singkat. (DB02

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]