oleh

Cuaca Extrem Jalur Pendakian Gunung Tambora Ditutup

DOMPU-Pihak Balai Taman Nasional Tambora mulai tanggal 24 Januari ini akan melakukan penutupan semua jalur pendakian.

Kebijakan penutupan jalur pendakian itu tertuang dalam surat pengumuman nomor 01/T. 41/KPA/1/2022 yang ditandatangani langsung kepala Balai Taman Nasional (BTN) Tambora Yunaidi. MSi. MAp.

Dalam surat tertanggal 20 Januari itu tertuang penjelasan pengumuman tentang penutupan jalur pendakian Tambora sampai batas waktu yang bum bisa ditentukan.

Berdasarkan laporan BMKG, cuaca extrem seperti hujan dan angin puting beliung yang akan melanda wilayah Kabupaten Dompu dan Bima dalam beberapa waktu kedepan, menjadi salah satu indikator pertimbangan dibalik kebijakan akses pendakian di kawasan taman Nasional Tambora. “Ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung,” kata kepala Balai Taman Nasional Tambora.

Empat jalur pendakian resmi yakni Pancasila, Doroncanga, Piong dan Kawinda Toi akan mulai ditutup tanggal 24 Januari.

Dibalik kebijakan penutupan jalur. Pihak BTN Tambora akan melakukan upaya pemulihan kawasan secara alami dan penataan kondisi jalur.

Meskipun semua jalur pendakian ditutup. Namun destinasi non pendakian seperti objek wisata air terjun bidadari di Kawinda Toi tetap dibuka untuk umum dengan catatan para pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed