PT STM Siapkan 100 Beasiswa, Bagi Peningkatan Kwalitas Pendidikan Industri Pertambangan

Sosial & Budaya999 Dilihat

DOMPU-PT Sumbawa Timur Mining (STM), perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd dan PT Antam Tbk menyiapkan 100 beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang konsen terhadap perkembangan dan kemajuan di industri pertambangan.

Para penerima beasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan bakat dan minatnya dibidang pengoperasian alat berat. Bersama dengan Pemerintah Provinsi NTB telah mengumumkanya sebagai proyek percontohan program biasiswa baru.

Dengan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat, PT STM menyadari pentingnya berinvestasi di bidang pendidikan dan mengembangkan tenaga-tenaga professional terampil. Mereka nantinya dapat berkontribusi terhadap kemajuan industry pertambangan.

Melalui program beasiswa ini, perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung individu-individu yang memiliki minat dalam bidang teknik alat berat dan keinginan untuk berkontribusi pada pertumbuhan sektor pertambangan.

Bede Evans, Direktur Utama PT STM mengatakan bahwa program beasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan, di wilayah Kabupaten Dompu.

“Kami percaya bahwa mengembangkan talenta lokal sangat penting untuk kesuksesan dan keberlanjutan jangka panjang sector pertambangan.” ujarnya melalui siaran pers yang diterima dompubicara.com.

Seraya menambahkan melalui program beasiswa ini, PT STM ingin mempromosikan keberagaman dan inklusi dalam industry ini, memberdayakan individu dari berbagai latar belakang untuk mengejar karir di bidang teknik alat berat dan berkontribusi pada kemajuan sekto rpertambangan.

Dia menjelaskan program beasiswa ini akan mendanai pendidikan 100 siswa Dompu untuk menjalani studi di bidang teknik alat berat. Setelah menyelesaikan studi, mereka akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja di industry pertambangan atau industry terkait lainnya.

Program beasiswa ini akan memberikan bantuan keuangan dan kesempatan pendidikan bagisiswa yang layak untuk mengejar gelar sarjana di bidang teknik alat berat. Program ini terbuka untuk siswa dari Dompu dan sekitarnya.

Kandidat penerima beasiswa dipilih berdasarkan prestasi akademik yang luar biasa, etos kerja yang kuat, dan minat yang tulus dalam industri pertambangan. Kandidat akan diseleksi oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah NTB (BRIDA) dan Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM), sebuah sekolah vokasi yang menawarkan program diploma (D1) di bidang Teknik Alat Berat.

Bagi calon peserta yang berminat dapat mencari informasi lebih lanjut dari BRIDA dan AKOM. Selain dukungan finansial, program beasiswa ini juga akan membuka kesempatan bagi para peserta untuk berkarir di berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang alat berat, baik di STM maupun perusahaan lainnya.

Inisiatif ini akan memungkinkan para penerima beasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis, meningkatkan kemampuan teknis, dan menjalin hubungan yang berharga dalam industry pertambangan.” Komitmen PT STM adalah untuk memberikan manfaat bagi sumber daya manusia di wilayah Dompu sehingga masyarakat setempat dapat menjadi bagian dari pengembangan ProyekHu’u,” lanjut Evans.

Program beasiswa ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT STM untuk memajukan pendidikan di NTB. Sebelumnya, perusahaan telah memberikan beasiswa kepada para pelajar di Kecamatan Hu’u, program pendampingan bagi para guru, dan edukasi pertanian ramah lingkungan bagia nak-anak sekolah.

Selain beasiswa khusus alat berat, PT STM juga memberikan beasiswa prestasi kepada 40 penerima beasiswa tahun ini. Beasiswa prestasi diberikan kepada mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK tinggid ari Kabupaten Dompu.

Para penerima beasiswa ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta dan diprioritaskan bagi mereka yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan pertambangan dan pendukungnya.  Pengumuman beasiswa prestasi akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2023.

Sebelumnya, sebagai pengakuan atas program-programnya yang berfokus pada pendidikan, Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia memberikan dua penghargaan kepada PT STM dalam acara Sustainability Development Goals Award (ISDA) 2022. Dua penghargaan tersebut adalah Gold Award untuk Program Pemberantasan Buta Aksara dan Gold Award untuk Program PeningkatanKualitas Pendidikan. (DB01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *