oleh

Lima KTH Ampang Riwo Dapat Bibit Pohon dari SSF Bank Dunia

 

DOMPU-Sebanyak lima kelompok tani hutan (KTH) di wilayah kerja Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Ampang Riwo, Kabupaten Dompu menerima bantuan bibit pohon secara gratis.

Tidak tanggung-tanggung. Bantuan itu diberikan langsung oleh Bank Dunia, melalui program small grand yang dilaksanakan lembaga SSF (Strengthning Social Forestry).

Adapun lima kelompok tani hutan yang mendapatkan bantuan itu, tersebar di wilayah Kecamatan Woja meliputi Desa Riwo satu kelompok. Desa Mumbu satu kelompok dan Desa Madaprama satu kelompok.

Sedangkan Kecamatan Manggelewa terdapat dua kelompok yakni di Desa Anamina. “Kelompok tani yang ajukan langsung proposalnya ke SSF. Kita KPH sifatnya fasilitasi saja,” ungkap Kepala KPH Ampang Riwo, Faruk, SHut. M.M.Inov saat ditemui media ini, Selasa (12/12) pagi kemarin.

Melalui program small grand. Kelompok tani nantinya akan mendapatkan bantuan sejumlah bibit pohon buah-buahan diantaranya alpukat, jambu mente, sawo dan kemiri. “Jenisnya bervariasi. Totalnya belum kita tahu pasti karena masih dalam proses,” kata Faruk.

Dijelaskan Faruk, bibit pohon itu nantinya oleh petani akan ditanam disetiap lahan atau areal yang selama ini telah menjadi menjadi lokasi binaan dan mitra KPH. “Ini salah satu upaya pemerintah mensejahterakan masyarakat tanpa harus merusak hutan lagi,” tuturnya.

Untuk diketahui. SSF adalah lembaga yang intensif melaksanakan proyek penguatan perhutanan sosial.

Hadirnya SSF bertujuan untuk meningkatkan akses legal masyarakat dalam memanfaatkan kawasan hutan.

SSF merupakan kerjasama pihak KLHK dengan Global Enviromental Facility (GEF) Bank Dunia. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]