oleh

Prihatin Kerusakan Hutan, Karang Taruna Dorombolo Tanam Ratusan Pohon

 

DOMPU-Kerusakan hutan yang terjadi secara masif disejumlah wilayah di Bumi Nggahi Rawi Pahu, mengundang prihatin elemen pemuda.

Sejumlah kelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Dorombolo, Desa Dorebara, Kecamatan Dompu saat ini merasa tergugah dan terpanggil secara moral untuk melaksanakan kegiatan penghijauan.

Sebagai langkah awal dibalik rencana mulia mereka. Para pemuda ini, Selasa (12/12) siang tadi mendatangi kantor Persemaian Permanen (PP), BPDASHL Dodokan Moyosari, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Tujuan kedatangan pengurus karang taruna Dorombolo adalah untuk meminta bantuan bibit pohon. “Alhamdulillah kami mendapat bantuan bibit secara gratis,” tutur Muhammad Syarifuddin, ketua Karang Taruna Dorombolo, saat ditemui media ini siang tadi.

Bibit pohon yang mereka dapatkan beraneka jenis mulai dari Ketapang Kencana, Matoa dan Tabebuya. Dengan total sebanyak 700 pohon. “Dalam waktu dekat kita mulai penghijauan. Sasaran lokasi kita utamakan disekitar wilayah desa,” ujar Opik sapaan akrab ketua Karang Taruna Dorombolo.

Karena secara geografis Desa Dorebara yang merupakan areal perbukitan dan gunung. Kondisinya saat ini telah beralih fungsi menjadi lahan jagung, hal ini tentu menjadi perhatian serius untuk dilakukan penghijaun kembali. “Ya minimal kita mulai disekitar wilayah perkampungan. Dipinggir lapangan dan disisi kiri kanan ruas jalan desa. Rawan banjir juga saat hujan,” kata Opik.

Ditemani beberapa orang anggotanya. Pria berperawakan sedang ini, tampak semangat memaparkan kegiatan penghijauan yang merupakan salah satu program kerja mereka di kepengurusan Karang Taruna Dorombolo saat ini.

Niat baik kelompok pemuda ini pun mendapat respon positif pihak PP BPDASHL Dodokan Moyosari. Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pelestarian lingkungan, petugas PP dengan pengawasan yang penuh ramah dan tertib terlihat cukup aktif membantu proses pendistribusian bibit. “Menjaga kelestarian alam dan lingkungan adalah tanggung jawab kita semua. Kami dengan senang hati membantu. Yang utama pohon bisa ditanam dan dipastikan tumbuh dengan baik,” tutur Feri, Hafiz dan Silfa selaku petugas PP. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]