oleh

One Resort One Demplot, Upaya BKPH Ampang Riwo Kembalikan Fungsi Hutan

 

DOMPU-Tidak hanya pencegahan melalui patroli dan sosialisasi semata. Upaya pengawasan dan pengamanan kawasan hutan juga dilakukan dengan kegiatan penghijauan secara langsung.

Melalui kebijakan One Resort One Demplot, jajaran BKPH Ampang Riwo saat ini aktif melaksanakan kegiatan penanaman ratusan pohon di lokasi demplot (Percontohan, Red) yang tersebar pada masing-masing wilayah Resort.

Kegiatan itu di awali dengan mobilisasi dan distribusi bibit ke setiap Resort. Terdapat 6 kantor Resort pada wilayah kerja Balai Kesatuan Pengelola Hutan (BPKH) Ampang Riwo.

Distribusi ratusan bibit pohon itu dilakukan oleh petugas BKPH dan secara bertahap ke masing-masing Resort. “Sekarang kita intensifkan kegiatan one resort one demplot. Ini inovatif DLHK NTB,” ungkap Faruk, S.Hut. MM. Inov, saat ditemui media ini di kantornya, pagi kemarin.

Masing-masing Resort akan mendapatkan distribusi bibit sebanyak 250 pohon. Terdiri dari tanaman produktif diantaranya Srikaya, Matoa, Kemiri, Kayu Putih, Jabon dan Sengon. “Setiap Resort bertanggung jawab atas kegiatan ini,” kata Faruk.

Pihak Resort dan Petugas Pengamanan Hutan (Pamhut, Red) akan bekerjasama melakukan penanaman. “Tujuannya nanti ada show windows di daerah kita yang bisa menghasilkan khusus tanaman produktif,” ujar pria ramah dengan sejuta inovasi itu. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]