Semangat Cinta Lingkungan, TN Tambora Berbagi Kepada Pelajar Sekitar Jalur Pendakian

Sosial & Budaya169 Dilihat

DOMPU-Komitmen Kantor Balai Taman Nasional (BTN) Tambora untuk isu konservasi terus digaungkan. Selain memberikan edukasi secara langsung tentang upaya konservasi kawasan hutan kepada masyarakat umum. Pihak BTN Tambora juga melaksanakan penggalangan di lingkungan siswa sekolah di sekitar jalur pendakian.

Sejak tahun lalu, BTN Tambora telah melaksanakan kegiatan Tambora Goes To School. Program ini dilakukan dengan cara mendatangi sejumlah sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para petugas penyuluh itu, bertujuan menggalang sekaligus memberikan edukasi terkait isu konservasi secara dini dikalangan pelajar terutama siswa sekolah dasar (SD).

Guna memaksimalkan program Goes To School tersebut. Ditahun 2024 ini, pihak BTN Tambora menindaklanjuti dengan kegiatan bertajuk Tambora Berbagi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 16 dan 17 Mei. Dan digelar di SMKN 1 Sanggar, SMPN 2 Tambora, (SPTN I) Kabupaten Bima. Sedangkan hari ke dua di SMPN 2 Pekat, dan Pondok Pesantren Ishlahul Umah Tambora (SPTN II) Kabupaten Dompu. “Ini bagian dari program bina cinta alam yang terus dilaksanakan penyuluh TN Tambora,” ungkap Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Deny Rahadi, S.Hut, di sela-sela kegiatan, Jum’at (16/5) kemarin.

Dengan upaya tersebut dijelaskan Deny, semangat konservasi dan mencintai alam bisa sejak dini digaungkan kepada para pelajar terutama yang berdomisili di lingkar Tambora. “Diharapkan lahir agen-agen pecinta lingkungan yang terus bersemangat menggelorakan isu konservasi dan menyebarkan arti penting keberadaan Taman Nasional Tambora,” tuturnya.

Pada momen kegiatan itu, pihak BTN Tambora membagikan sejumlah bantuan berupa perlengkapan sekolah, alat kebersihan, perlengkapan olahraga, alat ibadah, jam dinding dan tandon air.

Adanya kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dan aplaus pihak sekolah. Karena program tersebut dinilai selaras dengan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi NTB, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (DB02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *