Ketua P3A Kandidi Dikeroyok

104

DOMPU—Ketua P3A Desa Kadindi Kecamatan Pekat Azhar dikeroyok oleh berbagai elemen saat dilangsungkan uji coba bagi P3A yang akan mewakili tingkat Nasional itu. Tidak tanggung-tanggung yang mengeroyoknya mulai dari Bupati Dompu beserta sejumlah pimpinan SKPD sampai insan pers.

 

Azhar memang tengah diuji kemampuanya terkait keberhasilan P3A yang dipimpinya hingga mampu tembus sampai ketingkat nasional. Karena yang bertanya adalah Bupati, pimpinan SKPD dan insane pers maka tentu saja materinya cukup berat, tetapi Azhar dengan kemampuan yang dimiliki berusaha menjelaskanya.

Dalam pemaparan Azhar mengaku  kelompoknya telah berhasil menggalakan berbagai program pemerintah dengan baik, seperti pengembangan sapi misalnya kelompoknya berhasil mengembangkan ternak sapi dengan memiliki antara enam sampai dengan 30 ekor per KK. Begitu juga dengan peningkatan produktifitas padi, kelompoknya mampu mencapai produksi sampai delapan ton perhektar.

Atas pemaparan itu sejumlah peserta menguji kebenaran data yang disampaikan tersebut, bahkan ada yang tidak percaya. Perdebatan sempat terjadi karena Azhar sendiri lebih mengandalkan kondisi alam yang mendukung serta atas ijin Allah SWT. ‘’Kalau hanya dengan alasan itu, dimana-mana juga begitu, tetapi yang diperlukan mana upaya dan kreatifitasnya sehingga mampu menembus sampai ketingkat nasional,’’ tandas Faharuddin salah seorang wartawan di Dompu.

Pertanyaan-pertanyaan yang menguji juga datang dari berbagai elemen lainya, Azhar hanya bisa menjawab dengan kemampuan standar yang dimilikinya sesuai yang dialami bersama kelompoknya. Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin mengemukakan salut dengan kelompok P3A Kadindi, namun demikian Bupati meminta agar terus mengasah kemampuan untuk memberikan argumentasi yang tepat sesuai dengan fakta dan data. Sebab tidak tertutup kemungkinan pertanyaan-pertanyaan menguji akan lebih berat dihadapi saat menghadapi lomba tingkat nasional di Jakarta nantinya.

Menurut Bupati sesi Tanya jawab peserta dengan kelompok P3A Kadindi itu adalah ajang uji coba untuk menguji kemampuan menghadapi lomba ditingkat nasional. P3A Kadindi Kabupaten Dompu telah berhasil menjadi juara tingkat Propinsi NTB dan berhak mewakili ditingkat nasional. (db-01)

Komentar