Caleg Ini Pake Taktik Politik ‘Keha Janga’

234

DOMPU-‘Keha Janga’ adalah bahasa Dompu, sebuah prilaku induk ayam yang mencari makan untuk dirinya dan anak-anaknya. Dengan kedua kakinya induk ayam mengorek-ngorek tanah disatu tempat tanpa pindah dan bisa kenyang.

Prilaku inilah yang diamati seorang Caleg DPRD Dompu Dapil 1 partai Hanura Mahdar. Menyadari beratnya persaingan dalam politik DPRD saat ini Mahdar akan menggunakan taktik Keha Jangan untuk mengumpulkan suara.

Menurut Mahdar prilaku Keha Janga ini akan dipakai sebagai taktik andalan untuk menuju kursi DPRD. ”Dengan mengorek-ngorek tanah disatu tempat induk ayam dan anak-anaknya bisa kenyang,” cerita Mahdar sambil tersenyum.

Karena itu dalam Pileg kali ini Mahdar akan terus mengorek-ngorek suara kandang di Desa Katua Kecamatan Dompu. Sebagai mantan kades didesanya Mahdar percaya pihaknya akan mendapatkan dukungan dari rakyat setempat. ”Yang penting dikorek-korek terus pasti kenyang,” tambahnya.

Mengandalkan suara diluar kandang adalah sebuah keniscayaan, karena itu harus ada suara dasar. Sebab seluruh caleg sama-sama memiliki keluarga, sama-sama memiliki uang dan sama-sama ngotot untuk menjadi anggota DPRD. ”Pokoknya saya pake politik keha janga sajalah,” pungkas Mahdar sambil tertawan. (DB01)

Komentar