Mantan Komisioner KPU Apresiasi Pertemuan Tiga Bakal Calon Bupati Dompu

229

Suherman : Ini Pertanda Baik Bagi Demokrasi Kedepan

DOMPU-Mantan Komisioner KPUD Dompu, Suherman,S.Pd sangat mengapresiasi pertemuan tiga bakal calon Bupati Dompu yang digelar di Home Stay Kitty House Sabtu malam (21/9). Itu sangat baik bagi berlangsungnya pesta demokrasi yang akan datang.

Dikatakanya, pertemuan-pertemuan para bakal calon diruang publik seperti itu dapat menjadi pembelajaran demokrasi yang sehat dan santun, mengurai dan menurunkan ketegangan baik diantara tim sukses, pendukung , simpatisan maupun diantara para bacalon sendiri.

Diakui Herman meski Pilkada Dompu masih setahun lagi, namun tensi politik para tim sukses, pendukung dan simpatisan sudah mulai meningkat termasuk diantara bakal calon sendiri.

Saat ini Pilkada sedang berada pada tahapan pra pencalonan dimana pada tahapan ini para bakal calon sedang intens membangun komunikasi dengan partai politik pengusung.

‘’Dengan banyaknya figur yang tampil sebagai bakal calon membuat persaingan  makin ketat untuk mendapatkan  partai politik pengusung,’’ papar Herman.

Pertemuan yang dibingkai silaturrahmi bakal calon itu lanjut Herman sangat baik terlepas siapa yang menginisiasi maupun dimana tempatnya.

Meski dilakukan secara informal dalam bentuk kopi bareng atau makan bareng tambahnya namun memberi kesan dan pesan mendalam bahwa urusan politik kekuasan bukan saja urusan persaingan. Namun ada juga urusan pertemanan, persahabatan dan persaudaran yang bisa dibangun didalamnya.

‘’Ini merupakan cara-cara yang baik dan santun namun kedepan perlu didorong ke arah yang lebih substantif dan melibatkan semua bakal calon.  Selain bersilatuurhmi  juga sebagai ajang menyampaikan gagasan dan bertukar konsep diantara para bakal calon,’’ saranya. (DB01)

Komentar