oleh

DPPKB Dompu Akan Laksanakan Pendataan Keluarga

DOMPU-Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu tahun ini akan melaksanakan kegiatan pendataan keluarga (PK)

Kegiatan ini akan mulai digelar pada 1 April hingga Mei 2021. Pendataan Keluarga yang akan dilaksanakan itu merupakan program 5 tahunan pemerintah pusat melalui pihak BKKBN.

Pendataan keluarga bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat yang ada, terutama menyangkut persoalan tingkat kesejahteraan dan kelayakan pendidikan dan kesehatan. “Memastikan keberadaan warga agar tidak tumpang tindih ketika ada perhatian pemerintah berupa bantuan baik sektor kesehatan dan sosial,” ungkap Yayat Nurhidayat, SKM selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluh dan Pergerakan, DPPKB Dompu.

Beberapa item kegiatan yang akan dilaksanakan saat Pendataan Keluarga meliputi pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan pemanfaatan data demografi.

Sasaran pendataan itu yakni pada keluarga khusus (KK), keluarga berencana (KB), keluarga sejahtera dan data anak yang menikah dibawah umur15 tahun. “Data itu nanti akan disingkronisasikan dengan data pemerintah pusat sebagai bahan acuan pelaksanaan program bantuan yang akan digelontorkan pemerintah,” jelas Yayat Nurhidayat.

Sebagai tahapan awal menurut Yayat pihak DPPKB Dompu saat ini secara intensif melaksanakan kegiatan sosialisasi ke supervisor PKB, manager data (hasil pendataan), manager pengelola dgn bentuk kader lapangan. “Sosialisasi sudah dimulai,” ujarnya.

Guna memaksimalkan kegiatan Pendataan Keluarga, DPPKB Dompu terlebih dahulu menggelar pelatihan terhadap 368 orang sebagai petugas pendata. (DB02).

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed