oleh

Jelang MotoGP dan MXGP, Disbudpar dan BTN Tambora Tingkatkan Koordinasi

DOMPU-Menjelang perhelatan MotoGP dan MXGP tahun ini. Segala bentuk persiapan kini mulai dilakukan pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB selaku tuan rumah penyelenggara.

Gelaran MotoGP akan dilaksanakan di sirkuit internasional Pertamina, di kawasan wisata Mandalika sekitar bulan Maret tahun ini.

Nah, sementara untuk MXGP yang direncanakan akan digelar di pulau Sumbawa dengan alternatif lokasi yakni Moyo dan Tambora dijadwalkan sekitar bulan Juni.

Adanya dua agenda besar tersebut. Mulai saat ini, pihak Pemprov NTB tengah melakukan berbagai upaya persiapan.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah secara intensif melakukan tingkat koordinasi ke semua pihak. Demikian pula kepada para pimpinan daerah lainnya di NTB diminta untuk mempersiapkan diri.

Hal itu dilakukan Gubernur, mengingat perhelatan MotoGP dan MXGP nantinya diyakini akan membawa dampak positif bagi NTB terutama disektor pariwisata.

Selian itu, gelaran MotoGP dan MXGP secara tidak langsung nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia secara umum.

Pemkab Dompu pun cukup welcome dan sangat antusiasakan digelarnya balapan bertaraf internasional MotoGP dan MXGP.

Apalagi informasi awal yang berkembang saat ini, Gubernur NTB berkeinginan kejuaraan motocross bertaraf internasional MXGP itu bisa digelar di kawasan Padang Savana Doroncanga. “Tentu event besar ini nantinya berdampak positif bagi sektor pariwisata. Kita setidaknya bisa bersiap diri lebih awal,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si.

Pihaknya pun menurut Abdul Muis sejak akhir tahun 2021 lalu telah melakukan berbagai upaya penataan dan pengembangan sejumlah potensi wisata yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu. “Itu sebagai upaya awal untuk persiapan kita di sektor pariwisata,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Balai Taman Nasional (BTN) Tambora, Yunaidi M.Si

Keberadaan Padang Savana Doroncanga yang nota bene direncanakan sebagai lokasi sirkuit MXGP tentu sangat berkaitan erat dengan kawasan Taman Nasional Tambora. “Pembenahan infrastruktur awal tahun ini kami lakukan pemasangan jaringan listrik dan air bersih,” katanya.

Yunaidi menyampaikan pada akhir 2021 lalu tim survey telah turun langsung mengecek lokasi di kawasan Padang Savana Doroncanga. “Ya kita bersiap-siap saja,” ujarnya. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed