oleh

Rangkaian HPN 2022, PWI-FWE NTB Sinergi Tebar 100 Ribu Benih Ikan

Mataram : Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersinergi dengan Form Wartawan Ekonomi dan Bisnis (FWE) melakukan penebaran 100 ribu benih ikan disejumlah sungai dan bendungan dipulau lombok, sebagai rangkaian peringatan hari pers nasional (HPN) 2022 yang diperingati setiap tanggal 9 februari.

Kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan secara simbolis 20 ribu bibit ikan oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah di sungai dusun pengonong, Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, sabtu (19/2/2022).

Ketua PWI NTB, Nasrudin dalam sambutannya mengaku bangga dengan wartawan muda yang tergabung dalam FWE NTB melakukan kegiatan sosial yang dinilai bermanfaat besar bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan ikhtiar Gerakan Sejuta Bibit Ikan (GSBI) di NTB yang digagas oleh sejumlah wartawan toaq (tua) beberapa tahun terakhir.

“sinergi dengan wartawan ekonomi ini luar biasa, inilah bentuk kebaikan yang bisa dilakukan wartawan, jadi tidak hanya terbiasa menulis tentang ekonomi tetapi juga mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya ditengah masyarakat,” kata Nasrudin.

Nasrudin berharap, kegiatan yang sama bisa dilakukan oleh komunitas wartawan yang lain, baik yang tergabung dalam PWI maupun organisasi pers lainnya. Upaya ini untuk membuktikan eksistensi wartawan diteengah masyarakat melalui kegiatan sosial.

Ketua FWE NTB, Ahmad Bulkaini menjelaskan, sinergi dengan PWI NTB tidak hanya dalam kegiatan sosial. Pada 26 februari 2022, FWE dan PWI NTB juga menginisiasi kegiatan literasi keuangan dan pelatihan jurnalistik bagi 100 mahasiswa di Pulau Lombok.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HPN 2022. Kegiatan tebar 100 ribu ekor bibit ikan sendiri dilakukan dengan menggandeng sejumlah mitra kerja yang bersentuhan langsung dengan ekonomi, seperti PT. Telkomsel, Bank Dinar, REI NTB, PT. GNE, Bank NTB Syariah, BTPN Syariah, AMTI, dan PT. Jamkrida.

“kami mengajak mitra yang memang peduli dengan kegiatan sosial seperti yang kita lakukan saat ini, kami juga mendapat suport dari dinas kelautan dan perikanan untuk kegiatan ini, terimakasih banyak bagi pimpinan yang mensuport kegiatan kami,” ungkap Bul.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB dalam sambutannya pada acara tersebut juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya insan pers melalui PWI dan FWE NTB dalam mendukung program pemerintah meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Kegiatan sosial ini dinilai penting, karena akan berbanding lurus dengan upaya pemerintah daerah menjaga ekosistem sungai di NTB.

“kami apresiasi kegiatan seperti ini, dan jangan sampai ini berhenti disini. Kegiatan seperti harus terus berlanjut nanti kita akan dukung penuh,” kata Wagub.

“terimakasih juga kepada PWI ya, forum wartawan ekonomi yang menggagas kegiatan ini. kegiatan seperti ini pasti akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tambah Umi Rohmi.

Seperti diketahui, kegiatan tebar 100 ribu ekor benih ikan dilaksanakan disejumlah tempat dan akan berlangsung dalam beberapa pekan, mulai dari sungai pengonong, HLD Jurang Sate Lombok Tengah, Sungai Sedau Narmada sampai bendungan pandan dure di kabupaten Lombok Timur. (*)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]