oleh

Semangat Disbudpar Dompu Jelang Persiapan Festival Tambora Diapresiasi

 

DOMPU-Tahapan persiapan kegiatan festival Tambora terus dilakukan pemerintah Kabupaten Dompu. Hal ini pun mendapat apresiasi langsung Kadispar NTB.

Selasa (26/4) siang tadi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu menggelar rapat koordinasi (Rakor) terbatas dengan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Yusron Hadi, ST.

Rakor itu berlangsung di ruang rapat Disbudpar Dompu lantai II gedung Paruga Parenta komplek kantor Bupati Dompu.

Didampingi pejabatnya masing-masing. Kedua pimpinan instansi itu terlibat diskusi cukup alot terkait persiapan menjelang perhelatan festival Tambora tahun 2022.

Pertemuan ini pula sebagai upaya tindak lanjut rapat zoom metting beberapa waktu lalu di kantor Balai Taman Nasional (BTN) Tambora. “Lebih awal hari ini kami coba bahas lay out denah lokasi yang di Sanctuary Doroncanga,” ungkap Kadis Budpar Dompu, Ir. Abdul Muis membuka rakor terbatas tadi.

Hal ini penting dilakukan menurut Abdul Muis, secara teknis segala bentuk persiapan yang dilakukan nantinya akan bermuara pada kondisi lapangan yang ada di lokasi kegiatan. “Kata kuncinya kesiapan di lokasi,” katanya.

Dihadapan Kadispar NTB. Abdul Muis secara teknis menyampaikan detail lay out dan denah lokasi. Mulai dari gerbang masuk, tata letak panggung utama, tempat duduk tamu undangan, area camping hingga sarana toilet satu persatu menjadi hal penting yang harus diprioritaskan. “Sesuai tagline Ini Dompu. Pada festival Tambora tahun ini kita ingin lebih maksimal menunjukan jati diri Dompu,” tuturnya.

Mendengar penjelasan teknis yang dipaparkan dengan antusias dan penuh semangat oleh Ir. Abdul Muis. Kadispar NTB menyampaikan apresiasi. Mengingat limit waktu yang singkat, kolaborasi persiapan yang dilakukan Disbudpar Dompu, BTN Tambora dan Geopark Tambora saat ini cukup luar biasa. “Kita akan suport penuh mengkoordinasikan dengan Kemenparekraf agar kegiatan ini lebih menggaung,” kata Yusron Hadi.

Pihaknya pun kata Yusron menunggu secepat mungkin bahan proposal terkait kegiatan itu selanjutnya disampaikan ke Kemenparekraf.

Pada kesempatan itu pula Yusron menghimbau kepada komponen masyarakat di Kabupaten Dompu untuk bersama-sama menyukseskan agenda besar pemerintah provinsi NTB yang akan menggelar event Motocross bertaraf internasional MXGP pada tanggal 24 hingga 26 Juni. “Kita sukseskan festival Tambora dan MXGP. Dua agenda besar ini kita harapkan sebagai awal kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi,” tuturnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya. Festival Tambora tahun 2022 akan dilaksanakan secara bersama oleh pihak Disbudpar Dompu, BTN Tambora, Geopark, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Berbagai rangkaian kegiatan mulai dari pementasan tari tradisional, talk show konservasi, pendakian Tambora, lomba mewarnai, lomba perahu hias, launching kuda wisat, kemah Bhakti, istighosah dan lainnya akan mulai dilaksanakan pada awal bulan Mei ini.

Berdasarkan hasil rapat antara BTN Tambora, Disbudpar Dompu dan Geopark dengan pihak Dispar NTB dan Kemenparekraf disepakati puncak kegiatan pada tanggal 4 dan 5 Juni dan Sanctuary rusa Doroncanga menjadi lokasi pusat kegiatan. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed