oleh

Dislutkan Dompu Gelar Pelatihan Pengolahan Standar Mutu Ikan

DOMPU-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu NTB Selasa, 28 Nopember 2023 menggelar pelatihan pengolahan untuk memenuhi standar mutu ikan bertempat di Home Stay Kitty House Selaparang Desa Matua Dompu. Kegiatan ini diinisiasi oleh bidang PDSPKP (Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dan dihadiri dua intruktur pelatih dari Dinas Dinlutkan Provinsi NTB, I.Gusti Putu Bayu Pramayuda, S.Pi, M.SI,M.ScĀ  dan Rina Susanti, S.ST,PI’

Kadislutkan Kabupaten Dompu Amiruddin S Hut menyatakan berterima kasih atas terselenggaranya pelatihan pengolahan dalam memunuhi standar mutu ikan tersebut. Sehingga diharapkan hasil pelatihan ini mampu memberikan motivasi bagi para pelaku usaha dibidang perikanan untuk terus berkembang dan berinovasi.

Menurutnya, sektor perikanan menjadi prioritas dikepemimpinan AKJ-Syah dengan jargonya Jara Pasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan). Karena sudah masuk program prioritas maka usaha-usaha dibidang perikanan akan terus ditingkatkan, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

Dibeberkan Amirudin, Kabupaten Dompu memiliki potensi ikan yang cukup besar yang terbagi dalam tiga cluster perairan. Tiga cluster itu adalah Teluk, Cempi, Teluk Saleh dan Teluk Sanggar. Ikan-ikan tersebut memiliki kwalitas terbaik sehingga selain untuk memenuhi pasar domestik juga dieksport dibeberapa negara.

Dia mengakui pera pengusaha ikan didaerahnya sudah cukup memahami pangsa pasar yang ada, kalau dibagian barat kondisinya sepi permintaan, seperti Lombok, Bali dan Surabaya maka akan dilempar kebagian timur seperti Labuan Bajo. ”Pengusaha-pengusaha kita sudah cukup pintar,” jelasnya.

Kwalitas ikan segar yang ada di Kabupaten Dompu seperti tuna, udang dan beberapa jenis lainya, biasanya masuk diretoran-restoran mewah. ”Kalau nggak direstoran mewah yah di eksport keluar negeri,” bebernya.

Sementara Kabid PDSPKP Diskanla Kabupaten Dompu Syaiful Allah, S.Pi menyatakan pelatihan pengolahan dalam memenuhi standar mutu ikan ini dihajatkan agar para pelaku usaha lebih mampu melakukan pengolahan sehingga memenuhi standar mutu.

Hasil pelatihan ini para peserta akan memperoleh Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dan menjadi alat kontrol dalam mengolah ikan sehingga bisa bersaing dipasar global. Kendala yang dihadapi selama ini di Dompu sangat minim yang memenuhi standar tersebut akibat terkendala pemahaman tentang standar operasional dalam pengolahan ikan

Sedang peserta yang mengikuti pelatikan sebanyak 30 lebih orang yang terdiri dari para pelaku pengolahan dan pemasar ikan (Komlahsar) yang tersebar dibebewilayah Kabupaten Dompu. (DB01)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]