Gubernur Kalsel Setuju Porwanas Digelar Agustus 2024 di Banjarmasin

Banjarmasin – Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI NTB, Joni Marthadinata, merespon baik langkah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang telah menetapkan Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024. Penetapan tuan rumah tersebut berdasarkan surat nomor 120/PWI-P/LXXVII/2023 tertanggal 29 November 2023.

“Kita sudah menerima informasi tersebut. Kita akan segera mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Joni Marthadinata.

PWI Kalsel sendiri selaku pelaksana daerah langsung bekerja secara maraton mempersiapkan segala sesuatu terkait porwanas. Mulai dari rapat pleno hingga melaporkan kepada pemerintah daerah.

Secara khusus Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, melaporkan penetapan Kalsel sebagai tuan rumah tersebut kepada Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor. Gubernur biasa disapa Paman Birin yang sedari awal mendukung penuh Porwanas 2024 menyambut baik penetapan tersebut.

Ia langsung menginstruksikan jajaran untuk menindaklanjuti dan mendukung Porwanas 2024. Begitu pula dengan rencana pelaksanaan pada bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel sangat disetujui Paman Birin. “Pelaksanaannya di bulan Agustus tepat, sehingga PWI berkoordinasi dengan jajaran untuk mempersiapkannya,” ujar Paman Birin, Rabu (13/12) malam.

Sejalan dengan semangat PWI Kalsel memperkenalkan olahraga berbasis kearifkan lokal, Paman Birin juga mendukung olahraga rekreasi ditandingkan saat Porwanas mendatang.

“Ya misalnya Balogo bisa ditandingkan, agar banyak orang mengenal olahraga kearifan lokal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Zainal Helmi, menambahkan porwanas 2024 dipusatkan di Kota Banjarmasin. Pembukaan dirancang di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin di komplek perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Sementara penutupan dirancang di Siring Nol Kilometer.

“Insyaallah sebelumnya kontingen PWI se Indonesia dijadwalkan terlebih dahulu dijamu dalam Gala Dinner oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel, Irwansyah, menyatakan ia bersama pengurus SIWO telah memulai rapat awalan persiapan pelaksanaan. Menurutnya, sebagai tuan rumah Kalsel punya dua tugas utama, pertama sebagai pelaksana dan kedua sebagai peserta.

“Pada porwanas ini kami akan mengusulkan 15 cabang yang dipertandingkan, termasuk satu cabang olahraga kearifan lokal. Mudah-mudahan nanti disetujui SIWO se Indonesia,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *