oleh

Pemprov Minta Jabatan Sekda Dompu Segera Diisi, Bupati Bingung Karena Banyak Figur

DOMPU—Lamanya proses pengisian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Dompu memaksa pemerintah Provinsi NTB angkat bicara. Tidak tanggung-tanggung Pemprov NTB dalam waktu dekat akan bersurat dan mempertanyakan ke pihak Pemkab Dompu dalam hal ini Bupati Drs H Bambang perihal persoalan apa yang mendasari sehingga proses pengisian jabatan Sekda Dompu hingga saat ini belum juga dilakukan.

Kekosongan posisi jabatan Sekda Dompu yang kini memakan waktu enam bulan berjalan, dinilai Pemprov sudah terlalu lama dan harus segera dilakukan pengisian. ‘’Jabatan Sekda itu tidak boleh dibiarkan terlalu lama kosong dan harus secepatnya diisi,’’ kata Sekda Pemprov NTB, H Muh. Noor, SH, MH di Mataram belum lama ini.

Menurut Sekda NTB, jabatan Sekretaris daerah itu merupakan posisi strategis ditatanan birokrasi suatu daerah. Jabatan Sekda kata Muh Noor, selain bersifat strategis juga merupakan jabatan tertinggi yang dimiliki oleh birokrasi pada suatu daerah. ‘’Itu jabatan Sekda bukan jabatan yang sifatnya main-main. Itu merupakan jabatan yang menjadi tolak ukur atas setiap kinerja tatanan birokrasi dalam suatu pemerintahan,’’ tukasnya.

Ngambanganya proses pengisian jabatan Sekda Dompu diakuinya pihak Pemprov sebelumnya telah dikonfirmasikan dengan Bupati Dompu. Namun hingga saat ini jabatan Sekda Dompu masih diisi oleh Plt. ‘’Kami sebenarnya sudah mengingatkan Bupati untuk segera mengisi jabatan Sekda definitif. Bila perlu nanti kami akan mempertanyakan resmi ke bupati Dompu,’’ ujarnya.

Sekda NTB menambahkan, dengan terus berlarut-larutnya kekosoangan jabatan definitif Sekda Dompu itu dikhawatirkan akan berdampak pada terjadinya stagnan ditatanan roda pemerintahan yang ada dilingkup Pemkab Dompu. ‘’Jangan sampai nanti terjadi stagnan ditatanan birokrasi yang ada,’’ kata pejabat yang pernah bertugas di wilayah timur indonesia ini. Menanggapi itu,

Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, yang dimintai komentarnya kemarin mengaku pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan pihak teknis terkait lainya guna menyiapkan proses dan tahapan pengajuan figur calon Sekda Dompu. ‘’Jika memang demikian kita akan segera melakukanya,’’ katanya saat dicegat usai mengikuti kegiatan silaturahim dengan warga di kecamatan Manggelewa, Senin malam kemarin.

Menanggapi adanya rumor yang menyebutkan bahwa molornya proses pengisian jabatan definitif Sekda itu lantaran karena krisis figure pejabat. Kata H Bambang itu tidak benar adanya, karena menurutnya figure pejabat yang dimaksud saat ini sudah cukup banyak. ‘’Saya justeru bingung karena terlalu banyak figur,’’ kata Bupati.

Namun demikian, Bambang berjanji dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera memproses pengisian jabatan Sekda Dompu. ‘’ Kami akan koordinasikan dulu dengan BKD dan pihak teknis lainya,’’ pungkasnya. (Thoby)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]