Desak Pengisian Jabatan Sekda, DPRD Keluarkan Rekomendasi

131

DOMPU – Belum jelasnya kapan jabatan Sekda Dompu akan diisi pasca ditinggal pensiun, H Zainal Arifin HIR sejak 10 bulan lalu, membuat DPRD secara kelembagaan mengeluarkan rekomendasi yang mendesak Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin untuk segera melakukan pengisian jabatan tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu yang membidangi masalah hukum dan pemerintahan, Sirajudin SH pada Radar Tambora kemarin mengaku, belum jelasnya kapan jabatan Sekda diisi, membuat pihak DPRD sepakat mengeluarkan rekomendasi yang mendesak Bupati untuk mempercepat proses pengisian. “Kami sudah keluarkan rekomendasi agar Bupati segera mengisi jabatan Sekda,” katanya.

Kekosongan jabatan Sekda, saat ini memang diisi oleh seorang pelaksana tugas (Plt), namun ada batasan waktu yang mengatur bahwa jabatan tertinggi ditatanan birokrasi itu hanya bisa di Pltkan selama satu tahun, sementara batas waktu itu sudah mulai mendekati. “Jika hingga bulan Desember mendatang, jabatan Sekda belum juga diisi, maka pemerintah telah menyalahi aturan, makanya kami ingatkan Bupati untuk segera mengisi jabatan sekda,” desaknya.

Tidak ada alasan bagi Bupati untuk mengulur-ulur proses pengisian jabatan Sekda, karena jabatan Sekda merupakan jabatan strategis yang menentukan baik buruknya kinerja birokrasi pemerintahan. “Jabatan sekda harus segera diisi,” tegasnya.

Minyakapi hal tersebut, Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin tidak berkomentar banyak, namun orang nomor satu di Kabupaten Dompu itu hanya memberikan kepastian bahwa proses jabatan sekda tetap akan diisi, hanya saja saat ini pihaknya sedang memproses nama-nama calon Sekda yang akan diusulkan untuk diproses lebih lanjut oleh Gubernur NTB. “Pengisian jabatan sekda masih kami proses,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan wartawan, ada beberapa pejabat yang secara kepangkatan dan golongan serta senioritas sudah layak untuk menjadi sekda Dompu dan disebut-sebut sebagai calon kuat, antara lain, H. Agus Bukhari, SH, M.Si (Plt Sekda), Ir. H. Moh Syaiful, M.Si (Kepala Bappeda dan Litbang), Ir. H. Husni Tamrin, M.Si (Asisten II Setda Dompu), Drs. H. Abdul Haris, M.Ap (Kepala BKP3) Ir. H. Moh Rasyidin Suryadi, M.Si (Kepala Dinas PPKAD Dompu), Drs. H. Sudirman Hamid, M.Si (Sekretaris DPRD), dan H. M Syai’un, SH, M.Si (Kepala BKD Dompu).

Komentar