Gubernur NTB Dorong Agroindustri : HPS Propinsi Dipusatkan Di Dompu

0

DOMPU—Pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-32 tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Dompu, Gubernur NTB, KH Zainul Majdi mendorong Pemerintah Daerah agar mengembangkan Agroindustri untuk menghasilkan manfaat ekonomi yang optimal.

Zainul mengungkapkan, pengembangan agroindustri merupakan upaya secara sistimatis untuk menjadikan pertanian tidak hanya sebagai sektor pencipta lapangan pekerjaan, tapi juga untuk meningkatkan pendapatan yang lebih besar. “Petani tidak hanya bekerja disektor pertanian dalam jumlah banyak, tapi bagaimana sector pertanian bisa menghasilkan manfaaat ekonomi yang optimal,” katanya.

Pemerintah daerah, diminta tidak hanya berbicara masalah produktifitas yang tinggi. Tapi harus menginisiatifkan pengelohan industri pertanian, sehingga NTB kedepan tidak hanya terkenal dengan lahan yang subur, tapi juga dikenal dengan pengelohan hasil pertanian yang unggul. “Kalau dulu semangatnya Bupati Dompu, bagaimana masyarakat mau menanam jagung, sekarang semangatnya harus bagaimana jagung diolah dengan sebaik-baiknya, menghasilkan produk-produk setengah jadi atau produk jadi yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat,”ungkapnya.

Selain itu, Zainul juga meminta pemerintah daerah untuk memperkuat kemitraan dengan petani, karena keberhasilan pembangunan di sektor pertanian sangat ditentukan oleh kedekatan pemerintah dengan petani. “Berikan arahan pada petani setiap tahapan produksi, jangan biarkan petani hanya berpatok pada pengalamanya saja, karena sekarang tidak hanya cukup dengan pengalaman, tapi butuh teknologi,”tuturnya.

Disamping itu, kemandirian pangan juga harus dikedepankan oleh pemerintah daerah. Hal itu penting dilakukan karena pangan adalah salah satu urat nadi daerah. “Daerah tidak akan maju jika tidak mampu menerapkan kemandirian pangan,” ucapnya.

Disisi lain, Gubenur juga mengungkapkan, rasa kesenanganya, berkunjung ke Kabupaten Dompu. Karena dinilainya, Dompu memiliki semangat hidup untuk membangun. “Dompu punya keingin kuat untuk mengejar kemajuan. Hal itu dibuktikan dari tahun ketahun tingkat produktifitas hasil pertanian terus mengalami peningkatan. ‘’Inilah yang membuat saya senang datang ke Dompu,” katanya.

Pelaksanaan peringatan HPS dilaksanakan di Dompu, kata Zainul, merupakan sebuah bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi NTB pada masyarakat Kabupaten Dompu yang terus mengejar kemajuan. “Ini adalah penghargaan khusus untuk masyarakat Dompu,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan peringatan HPS di Kabupaten Dompu berlangsung cukup meriah. Selain, dihadiri oleh sejumlah pejabat teras dilingkup Pemprov NTB, juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah di Kabupaten/Kota Se-NTB.

Sementara Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin dalam sambutanya menyatakan daerahnya saat ini terus memantapkan diri untuk mengejar ketertinggalan. Salah satunya melalui sumber daya alam (SDA) Dompu yang dimiliki. Keberadaan lahan yang ada akan didorong HPS diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk memperbaiki tantangan pangan kedepan.

Kegiatan HPS kata Bupati mengingatkan betapa pentingnya pangan bagi kelangsungan hidup, khususnya masyarakat didaerahnya. Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen untuk mewujudkan ketahanan pangan, karenanya dalam tahun 2012 telah membangun dam dan embung serta tambahan areal irigasi sekitar 500 hektar.

Upaya ekstensifikasi jagung dan rumput laut menjadi program unggulan Dompu dengan pijarnya. Saat ini dukungan kearah itu beberapa gudang yang didirikan perusajaan di Kabupaten Dompu sedang dimulai dan insya allah akan selesai dalam waktu dekat.

Demikian juga dengan dukungan pemerintah pusat melalui APBN pada tahun 2013 mendatang, Kabupoaten Dompu akan mendapatkan beberapa fasilitas gudang dengan nilai Rp 5 miliyar serta beberapa unit drayer juga dengan nilai diatas Rp 5 miliyar. ‘’Semuanya dalam rangka mendorong motivasi petani untuk meningkatkan diri,’’ katanya.

Sementara sejumlah gudang KUD se-Kabupaten Dompu akan mendapat anggaran renovasi sebagai tempat penyimpanan hasil produksi. Oleh karena itu Bupati minta agar masyarakatnya terus bersemangat memanfaatkan potensi yang dimiliki demi meningkatkan kesejahteraanya.

Komentar