oleh

Tak Qorum Pembahasan APBD 2013 Terancam Molor : Iwan Kurniawan BK Harus Memeriksa Yang Tak Hadir

DOMPU—Pembahasan APBD tahun 2013 terancam molor dan tidak tepat waktu, pasalnya sampai dengan kemarin Badan Musyawarah (Banmus) DPRD belum juga berhasil menetapkan jadwal pembahasanya. Rencananya APBD 2013 ini akan tuntas dan disyahkan sebelum bulan januari 2013 mendatang.

Banmus dua kali berusaha menggelar rapat bagi penentuan jadwal pembahasan, dua kali itu selalu gagal karena tidak memenuhi qorum. Rapat pertama sesuai dengan undangan berlangsung pada sabtu (24/11) tapi ditunda karena tidak ada anggota Banmus yang hadir. Alasan ketidak hadiran wakil rakyat karena pada saat yang bersamaan ada aksi demo dari ormas islam yang mengutuk kekerasan di Palestina didepan kantor DPRD sehingga menghambat masuknya anggota legislatif masuk kantor.

Karena gagal dilaksanakan pimpinan DPRD mengundang kembali untuk digelar rapat pada senin kemarin. Lagi-lagi rapat Banmus dibatalkan karena hanya sebahagian kecil yang hadir sehingga tidak memenuhi qorum. Tidak diketahui secara jelas atas ketidak hadiran anggota Banmus, pihak sekretariat berusaha menghubungi melalui hand phone masing-masing tetapi tetap tak bisa menghadirkan.

Diantara anggota Banmus yang hadir kemarin terlihat Iwan Kurniawan SE (wakil ketua), Arifuddin SH, Abdul Fakkah dan Sanusi. Agar agenda pembahasan APBD 2013 segera dilakukan pimpinan DPRD segera mengeluarkan undangan kembali dan menggelar rapat Banmus pada selasa hari ini.

Wakil ketua DPRD Dompu Iwan Kurniawan SE, M.Ap yang dikonfirmasi mengakui kalau dua kali diusahakan rapat tetapi gagal dilaksanakan. Pada rapat sabtu bisa dimaklumi karena situasional karena pada saat yang sama ada aksi demo dari ormas Islam didepan gedung DPRD.

Tetapi rapat yang digelar pada senin kemarin tidak jelas apa kendala sejumlah anggota Banmus tidak hadir. Karena itu agar clear serta memacu kinerja anggota DPRD Iwan menyerahkan kasus tersebut kepada Badan Kehormatan (BK) DPRD untuk memeriksa anggota yang tak hadir. ‘’Siapapun yang tak hadir baik anggota maupun pimpinan supaya diperiksa oleh BK,’’ tandas Iwan.

DPRD Dompu kata Iwan memang menargetkan pembahasan APBD tepat waktu, bahkan target awal bisa disyahkan pada akhir nopember ini. ‘’Tapi dengan kondisi seperti ini sudah tak mungkin,’’ jelasnya. Karenanya kalau semuanya lancar maka target penyelesaian RAPBD tahun 2013 ini selesai pada pertengahan desember mendatang. ‘’Insya Allah pertengahan desember mendatang selesai,’’ janjinya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]