Warga Tolak Kades Dilantik Camat

143

DOMPU—Penolakan warga terhadap kepemimpinan Camat Manggelewa, M Rais beberapa waktu lalu, masih berlanjut. Proses pengambilan sumpah jabatan, Kepala Desa Sukadamai, Kecamatan Manggelewa yang seharusnya dilakukan oleh Camat, Sabtu (29/11) lalu ditolak warga.

Sehingga pelantikan itu, terpaksa diambil alih oleh, Plt Sekda Dompu, H Agus Buhari, M.Si. Pelantikan Kades terpilih, Mustan Nadi, mendapat kawalan ketat dari aparat Polres Dompu. Hal itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena sebelumnya, warga mengancam akan mengaggalkan prosesi pengambilan sumpah, jika dilakukan oleh Camat Manggelewa.

Tetapi karena pelantikan diambil alih PLT Sekda maka prosesinya berjalan lancar. Sementara itu, Camat Manggelewa tidak terlihat hadir dalam kegiatan tersebut. Plt Sekda Dompu, H Agus Buhari meminta, pada Kades yang dilantik, untuk mengenali dan memahami tugas pokok sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Kades, diminta pula, untuk mengembangkan koordinasi dan hubungan kerja yang harmonis dengan lembaga-lembaga desa. ‘’Kades harus memperhatikan dan menelaah setiap aspirasi dari masyarakat untuk terwujudnya kerukunan dan kelangsungan pembangunan di tingkat desa,” ungkapnya.

Kades juga diharapkan, untuk segera mebenahi administrasi secara baik dan teratur, sehingga desa akan mampu menjadi sumber data dan informasi bagi perencanaan tingkat kabupaten, karena tidak jarang akibat ketidak akurat data ditingkat desa program pembangunan yang digulirkan oleh kabupaten menjadi tidak tepat sasaran. ’’Tegakkan disiplin kerja bagi semua aparat desa, taati ketentuan jam masuk dan pulang kantor sesuai ketentuan,” katanya.

Diharapkanya pula, agar Kades dapat melaksanakan tugas secara profesional, tanggap terhadap keadaan dan situasi yang berkembang. artinya Kades harus mampu membaca potensi SDM dan SDA yang dimiliki oleh desa, sehingga potensi tersebut memiliki nilai ekonomis dan nilai jual dalam rangka peningkatan penerimaan desa dan APBD. ‘’Aset-aset desa yang dimiliki, harus dijaga dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kelancaran tugas penyelenggaraan pemerintahan desa,” harapnya.

Komentar