oleh

Bronjong Baru Dibangun Jeblok

DOMPU—Diduga karena tak berkwalitas bronjong yang baru dibangun di Kelurahan Montabaru Kecamatan Woja Dompu jeblok. Masyarakat sekitar menilai jebloknya bronjong sepanjang 15 meter itu lebih karena kwalitas pengerjaanya buruk.

Menurut Lurah Montabaru Zainuddin SE, proyek bronjong dikerjakan pada akhir tahun 2012 lalu, heranya belum sampai setengah tahun sudah mengalami kerusakan. ”Kami juga heran kenapa bisa cepat rusak,” ujar Zainuddin heran seraya memperhatikan posisi bronjong yang telah mengalami pergeseran.

Dia menilai  pergeseran terjadi akibat tidak adanya timbunan pada bibir bronjong. Sehingga ketika banjir datang posisi bronjong akan mudah mengalami pergeseran. “Kalau posisi bronjong dengan tanah timbunan sama. Saya pikir tidak akan terjadi kerusakan seperti ini” kata Lurah.

Rusaknya bronjong tersebut, menyebabkan air banjir dengan mudah meluap keperkampungan warga dan menggenangi kediaman penduduk. Kondisi ini, diakuinya, kerap mendapat keluhan dari sejumlah warga. “Dampak rusaknya bronjong ini sangat dirasakan warga,” tuturnya. Sarjan cukup mensesalkan, rusaknya Bronjong yang baru saja rampung dikerjakan tersebut. “Kami sangat sesalkan kondisi proyek ini,” sesalnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu yang dikonfirmasi secara terpisah, membenarkan, kerusakan bronjong tersebut. Namun, kerusakan tersebut diakuinya, terjadi akibat diterjang bencana alam banjir bandang yang akhir-akhir ini terjadi secara berturut-turut. “Kerusakan itu murni karena terjadinya bencana alam,” jelasnya. Pihaknya, telah melaporkan kerusakan tersebut kepada Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin bersama pemerintah pusat. “Kami upayakan kerusakan itu akan segera dilakukan penanganan. Tentunya, kami usahakan dulu anggarannya dari pusat,” pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]