Sekda Dompu Akhirnya Dilantik

0

DOMPU—Sekretaris Daerah (Sekda) Dompu akhirnya dilanti Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, Kamis 28/4. Dengan demikian penantian panjang publik Dompu terhadap siapa yang menjadi sekda terjawab dengan dilantiknya H Agus Buhari,SH,M.Si.  Prosesi pengambilan sumpah jabatan tersebut dipusatkan di Pendopo Bupati. Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin mengungkapkan, penentuan jabatan Sekda merupakan rahasia Allah SWT.

Menurutnya, apa yang menjadi rahasia tersebut telah diketahui melalui proses dan tahapan yang cukup panjang. Bahkan Bupati menggangap, hal itu merupakan takdir yang tidak bisa digangu gugat serta tak dapat dilawan oleh siapapun. ‘’Mulai hari ini keberadaan Sekda devinitif harus didukung oleh semua pihak,” harapnya. Diakuinya, secara pribadi pemilihan calon Sekda tidak ada campur tangan dirinya.

Semuanya kata dia, berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. ‘’Saya tidak pernah mengintervensi proses pemilihan Sekda,” katanya. Bupati mengaku, jika dirinya ingin mengambil jalan pintas untuk meloloskan salah satu calon Sekda, maka dirinya cukup mengirimkan satu orang disertai pendamping. Yang dikirim, diperkirakan tidak akan membuat orang pusing untuk memilih.

Namun, kenyataannya dikirim lima orang calon yang semuanya memenuhi syarat untuk menjadi Sekda. ‘’Sikap ini saya pikir cukup elegan,” tuturnya. Kelima calon yang diusulkan kata H Bambang, sama-sama berkompeten. Bahkan, akibat kondisi tersebut, membuat alot proses pemutusan hasilnya, baik di Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) maupun di Gubernur NTB yang berjalan hampir 2 bulan. ‘’Apa yang menjadi kenyataan ini, harus bisa diterima dengan baik. Dengan tidak lagi membahasnya. Apalagi sampai menjadikan sebuah sumber untuk kita berubah sikap kepada siapapun yang adai di daerah uni,” ucapnya.

Dengan adanya Sekda devinitif dia mengajak seluruh pimpinan SKPD, agar dapat mendedikasikan diri untuk kemajuan daerah dan seluruh masyarakat Dompu. ‘’Mari kita berpikir untuk memajukan daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, dia berharap kepada insan Pers supaya pembertaan tentang polemik pengangkatan Sekda dapat diakhiri. Dia mengajak wartawan untuk menulis hal-hal yang dapat mendorong pemerintah daerah untuk menyelesaikan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat. ‘’Tatangan terberat kita saat ini, bagaimana bisa menghadirkan investasi yang akan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Selain itu, upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat juga harus terus digenjot,” katanya. Disamping itu, dia berharap kepada media cetak maupun eloktonik, untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pembangunan fisik, seperti meda proyek Raba Baka Kompleks (RBK) dan pembangunan Dermaga Nusantara. ‘’Kita juga saat akan mengembangan pasar induk Dompu. Ini semua, sangat membutuhkan dukungan,” ujarnya.

Komentar