oleh

Harga Bawang Melonjak, Harga Sembako Realtif Stabil

DOMPU—Gejolak harga bawang tidak hanya terjadi di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Lonjakan harga bawang juga melanda wilayah Kabupaten Dompu. Di beberapa Pasar tradisonal, saat ini rata-rata harga bawang mengalami kenaikan cukup fantastis.

Data yang dilaporkan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Diskoperindagtamben) Dompu, hingga periode Maret ini. Untuk bawang merah harganya saat ini Rp 40 ribu rupiah. Padahal harga sebelumnya hanya sebesar Rp 25 ribu per kg. Demikian pula harga bawang putih kini Rp 50 ribu rupiah. Padahal sebelumnya hanya Rp 35 ribu rupiah per kg. ‘’Memang terjadi lonjakan harga dengan kisaran 42 hingga 60 persen,’’ ungkap Kabid Perdagangan, Iskandar S Sos di ruang kerjanya kemarin.

Dari harga yang ada saat ini, kata Iskandar terjadi kenaikan dengan kisaran masing-masing Rp 15 ribu rupiah untuk bawang merah dan bawang putih. ‘’Kenaikan harga bawang ini berlaku hampir di semua daerah, jadi bukan hanya di Dompu saja,’’ katanya. Tidak hanya bawang yang harganya melonjak tajam. Harga komoditi cabe merah saat ini juga mengalami kenaikan.

Untuk cabe merah kecil harganya kini meroket hingga menembus angka Rp 40 ribu rupiah per kg. Padahal sebelumnya hanya Rp 25 ribu rupiah. Sedangkan cabe merah besar harganya kini Rp 30 ribu rupiah per kg dari harga sebelumnya Rp 25 ribu rupiah per kg. ‘’Persentasi kenaikan harga cabe merah berkisar 20 hingga 60 persen,’’ kata Iskandar.

Kendati harga komoditi bawang dan cabe mengalami kenaikan. Kondisi itu menurut Iskandar tidak berpengaruh terhadap harga komoditi sembako lainnya. ‘’Harga sembako kini justeru relative stabil,’’ pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]