oleh

Bupati Dompu, Pekarangan Harus Dimanfaatkan

DOMPU–Kondisi pekarangan yang masih cukup luas di Kabupaten Dompu memungkinkan untuk dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman yang dibutuhkan sehari-hari. Karena itu Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin minta kepada warganya agar mengoptimalkan pemanfaataya.

 

Pada acara temu lapangan antara kelompok tani wanita dengan Balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) NTB di Desa Karamabura Kecamatan Dompu selasa 12/11 Bupati mengingatkan agar warga dapat mengoptimalkan lahan pekarangan sebagai sebuah sumber pendapatan paling tidak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bupati menyatakan tidaklah sulit sebenarnya dalam mengembangkan tanaman pekarangan seperti tomat, cabe dan semacamnya. Hal itu karena petani didaerahnya rata-rata sudah terbiasa dengan tanaman semacam itu. ”Sekarang tinggal kemauan saja,” jelasnya.

Sementara penanggung jawab kegiatan BPTP NTB Drs Naam mengakui animo masyarakat terhadap pemanfaatan lahan pekarangan cukup tinggi. Sejauh ini BPTP telah membentuk 24 kelompok tani tiga diantaranya berada di Kabupaten Dompu.

Dari kegiatan itu kata Naam diharapkan tersedian berbagai bahan pangan untuk memenuhi gizi keluarga selain untuk menghemat pengeluaran keluarga karena telah tersedia dipakarangan sendiri. diakui pula dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga harus mengeluarkan uang tidak sedikit, tetapi bila itu sudah tersedia maka akan mengurang beban keluarga.

 

 

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]