oleh

Merokok Bisa Terhindar Dari Penyakit Lever

Selama ini diketahui bahwa merokok adalah kebiasaan yang buruk. Tak hanya berbahaya bagi jantung, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya, rokok juga bisa merusak penampilan seseorang. Namun

penelitian terbaru justru mengungkap sebaliknya. Penelitian terbaru dari Norwegia mengungkap bahwa merokok dan minum kopi bisa melindungi tubuh dari penyakit lever yang bernama Primary Sclerosing Cholangitis (PSC).

PSC merupakan penyakit lever berbahaya yang disebabkan oleh peradangan kronis pada saluran empedu. PSC bukanlah penyakit biasa, namun penyakit yang cukup berbahaya dan biasanya menyerang orang dewasa muda (30 – 40 tahun). PSC juga diketahui meningkatkan risiko kanker pada kelenjar empedu.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology ini menjadi salah satu penelitian yang membuktikan bahwa kopi memiliki efek melindungi pada lever, seperti dilansir oleh Science Daily (14/12).

Dalam penelitiannya, ahli mengamati 240 pasien yang memiliki PSC dan 245 orang sehat. Penelitian mengungkap bahwa kebanyakan pasien PSC tak pernah atau jarang mengonsumsi kopi sejak remaja atau dewasa.

Sementara ketika mereka sudah terkena PSC dan membiasakan minum kopi, mereka mendapatkan manfaatnya. Kopi yang diminum menurunkan kadar enzim lever pada darah sehingga ini sangat menguntungkan bagi kesehatan lever. Sementara itu perokok diketahui lebih banyak terhindar dari penyakit PSC.

Orang yang tak merokok diperkirakan 10 tahun lebih cepat terkena PSC dibandingkan dengan orang yang merokok. Kesimpulan peneliti mengenai kebiasaan merokok dan minum kopi untuk mencegah PSC tentunya cukup mengejutkan. Meski merokok bisa melindungi lever dari PSC, namun sebaiknya Anda juga mengingat bahwa rokok berbahaya untuk anggota tubuh yang lain.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]