oleh

7.500 Ton Bantuan Bibit Jagung Dikucurkan

 DOMPU—Musim tanam tahun 2014-2015, Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Dispertan) Kabupaten Dompu mengucurkan 7.500 bibit jagung kepada petani. Total jumlah bibit yang dikucurkan tidak sebanding dengan target luas tanam yang mencapai 35 ribu hektar.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Dompu, Ir Fakhruraji Kamis (27/11) kemarin menjelaskan, mengingat jumlah bibit yang terbatas tidak semua petani mempeoleh bantuan. Hanya petani yang memenuhi syarat sesuai dengan hasil verifikasi petugas lapangan. ‘’Kita harapkan petani yang tidak memperoleh bantuan bisa mandiri. Secara swadaya menyediakan bibit sendiri,” ungkapnya.

Dikatakan, target luas tanam jagung tahun ini sesuai yang ditetapkan Pemerintah Provinsi NTB mencapai 35 ribu hektar. Target ini mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 31 ribu hektar. ‘’Tahun lalu kita berhasil melampaui target dengan luas tanam mencapai 37 ribu hektar,” katanya.

Jika mengacu terhadap keberhasilan pencapaian tahun sebelumnya, kadis merasa optimis target luas tanam 35 ribu hektar akan mampu tercapai. Selain itu, optimisme juga didasari harga jagung tahun sebelum yang stabil. ‘’Harga jagung yang stabil juga akan menjadi faktor kemauan petani untuk terus menanam jagung kedepan,” ujarnya.

Diakui kadis, ada beberapa kendala yang akan dihadapi kedepan. Yakni masalah ketersedian pupuk. Stok pupuk saat ini diakui tidak cukup untuk menutupi kebutuhan.

Selain upaya meminta tambahan jatah pupuk, pihaknya juga mengimbau petani untuk lebih awal menyiapkan pupuk sebelum terjadi kelangkaan. ‘’Pupuk harus di simpan lebih awal. Karena biasanya sekitar bulan Januari sampai dengan Februari nanti pupuk akan mengalami kelangkaan, akibat ganguan cuaca dan sejumlah faktor lain yang dapat menggangu kegiatan distribusi,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin dalam beberapa hari melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi lahan penanaman jagung. Tujuannya, untuk memantau lebih dekat tentang kesiapan lahan menjelang proses tanam jagung MH 1. Beberapa wilayah yang sudah dikunjungi seperti, wilayah UPT Woko, Kampaci Meci dan Lanci. ‘’Pak bupati sengaja mengunjungi beberapa wilyah untuk meninjau kesiapan lahan,” ungkap Kabag Humas Setda Dompu Abdul Syahid SH.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]