oleh

Bazar Mini Perikanan Makin Diminati

DOMPU—Meski sekali seminggu menggelar bazar mini produk perikanan, ternyata makin diminati. Terbukti pada jum’at kemarin rombongan ibu-ibu berjubel di bazar mini yang terletak dijalan Soekarno-Hatta.

 

Ada yang membeli untuk dibawa pulang, bahkan ada juga yang membeli kemudian makan langsung disitu. Produk jualan serba ikan itu memang bermacam-macam. Seperti abon ikan, denden ikan, salome ikan sampai tahu ikan.

Kepala Bidang P2HP (Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan) Diskanlut Dompu, Ir A Razak dan Kabid Industri Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri, Drs Syahruddin datang langsung kelokasi untuk memantau perkembangan bazar mini.

Dia mendorong agar UKM dapat mengembangkan usahanya sehingga mampu menghasilkan pendapatan yang lebih baik. Razak menyatakan sangat salut dengan motivasi dan tekad sejumlah UKM yang berinisiatif menggelar bazar mini pada setiap hari jum’at. Hal itu sangat selaras dengan program pemerintah yang lagi gencar mempromosikan gemar makan ikan.

UKM yang tergabung dan menggelar bazar mini tidak asing bagi dinas Diskanlut, karena mereka adalah hasil binaan instansinya. Menurutnya produk perikanan dan kelautan didaerah cukup tersedia. Diuaraikanya, masyarakat Kabupaten Dompu terbilang cukup tinggi dalam mengkomsumsi ikan. Hasil sensus nasional Dompu berada diperingkat dua NTB setelah Kabupaten Sumbawa.

Target nasional perkapita 38 kg, tetapi Kabupaten Dompu 42 kg perkapita. ‘’Masih kalah dengan Sumbawa sebanyak 45 kg perkapita,’’ jelasnya. Tingginya konsumsi ikan didaerah lanjutnya karena potensinya cukup tinggi, sementara jumlah penduduk masih sedikit.

Selain itu kebiasaan masyarakat di Kabupaten Dompu belum namanya makan kalau tidak ada ikanya. Karena itu lanjutnya peluang besar bagi siapa saja yang berusaha disektor perikanan karena rata-rata masyarakat makan pakai ikan.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]