oleh

Hati-Hati!!!, Lewat Jalur Nanga Tumpu

Ada Proyek Pengerukan Tebing Disana

DOMPU—Hati-hati bila anda melewati jalur lintas Sumbawa, tepatnya ditanjakan Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa Dompu. Dilokasi itu tengah dilaksanakan proyek pengerukan tebing oleh PT Rangga Pratama untuk menghindari longsor.

Tanjakan Nanga Tumpu terkenal cukup ekstrim, selain terdapat beberapa tanjakan dan tikungan maut, juga terdapat tebing yang sangat curam. Teledor sedikit dapat berakibat fatal karena bisa tergelincir hingga kedasar laut yang mencapai kedalaman 100 meter.

Proyek yang dilaksanakan bernama preservasi rekonstruksi longsoran dengan mengerahkan sejumlah alat berat serta dum truk. Pengerjaan yang dilakukan adalah dengan mengeruk tebing-tebing yang curam yang selama ini kerap mengalami longsor terutama disaat musim hujan.

Untuk diketahui jalur tersebut kerap mengalami longsor dan mengancam keselamatan pengedara. Bila terjadi longsor maka butuh waktu berjam-jam bahkan bisa seharian untuk membersihkanya kembali.

Akibatnya kendaraan baik yang dari arah Bima maupun sumbawa macet total. Proyek yang bernilai total Rp 55 miliyar lebih merekonstruksi kembali tebing-tebing yang curam agar tidak mudah longsor. Untuk menghindari kecelakaan atas pengerjaan proyek tersebut, pihak proyek memberlakukan sistem buka tutup dengan durasi tutup yang cukup lama.

Hasil konfirmasi dengan salah seorang petugas portal proyek, Saiman, proyek terpaksa menerapkan sistem buka-tutup jalan untuk menghindari kecelakaan.  Pada saat jalan ditutup pengendara dari dua arah terpaksa mengantri dan menunggu selama 30 menit lamanya.

Setelah itu jalan dibuka kembali untuk hanya beberapa menit saja sambil mempersilahkan kendaraan untuk melewati jalur itu. Setelah seluruh kendaraan lewat, jalan ditutup kembali selama 30 menit dan begitu terus hingga siang dan malam.

Kondisi seperti itu akan terus berlangsung setidaknya hingga 360 hari kedepan sesuai dengan waktu pelaksanaan proyek. Proyek tersebut telah berlangsung selama satu bulan lebih. 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]