PDAM Baca Meter Pakai Android

450

DOMPU-PDAM Kabupaten Dompu menggunakan perangkat android untuk membaca meter. Hal itu dilakukan untuk memberikan kepastian pada konsumen berapa pemakaian airnya tiap bulan.

Kepala PDAM Dompu Syamsul Huriah SSos mengatakan, sistem baca meter berbasis android mulai diterapkan sejak dua bulan lalu. Sistem ini berfungsi sebagai alat pembaca meter air pelanggan dengan hasil yang akurat dan akuntabel. “Sistem ini merupakan program dari pusat,” katanya.

Dia menjelaskan, cara kerja sistem baca meter cukup mudah. Setiap bulan pembaca meter akan memotret angka meter air di setiap pelanggan. Kemudian, hasilnya akan muncul berupa data stand meter di masing-masing rumah pelanggan.

Selanjutnya, dari hasil data baca meter tersebut akan terkirim ke server untuk divalidasi oleh petugas. “Cara tersebut untuk memastikan angka yang dipotret dan angka yang diinput petugas adalah sama,” jelas Syamsul Huriah.

Menurutnya, dengan sistem baca meter air berbasis android juga berfungsi untuk menghindari kecurangan petugas. Pelanggan juga mendapatkan kepastian terhadap jumlah pemakaian air yang dipakai selama sebulan. “Proses pembacaan meter air sudah termonitor melalui android. Sehingga tidak ada lagi pembaca meter yang asal menebak jumlah pemakaian air pelanggan,” ujarnya.

Dia mengakui, selama sistem ini diterapkan kinerja petugas dilapangan juga akan terpantau. Sehingga petugas yang tidak bekerja bisa dikatahui. “Waktu kerja petugas juga lebih padat, karena diharuskan untuk kerja maksimal,” pungkasnya. (jw)

Komentar