oleh

Pinca BRI : Dompu Itu Syurga

Dialog Ekonomi Kreatif HUT Sumpah Pemuda

DOMPU—Pemimpin cabang PT BRI Dompu GM Hervinovelsyah menyatakan bahwa Kabupaten Dompu memiliki banyak potensi unggulan yang bila dikembangkan secara serius akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pendapat tersebut disampaikan Novel panggilan akrab pemimpin cabang BRI Dompu dalam diskusi terbatas bersama pelaku ekonomi kreatif, akademisi dan pers diruang kerjanya rabu malam.

Diskusi itu digelar terkait dengan HUT Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 oktober dengan tema pemuda harus bangkit. Dalam kesempatan tersebut Novel mengingatkan agar pemuda dapat mengambil peran dalam berbagai lini untuk mengembangkan diri sendiri serta membantu percepatan pembangunan didaerah.

Menurut Novel, potensi Dompu sangat banyak, mulai dari pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan, perkebunan serta kehutanan. Disektor pariwisata misalnya putra asal Bandung ini mengakui bahwa Kabupaten Dompu cukup komplit baik pantai(laut) maupun daratan. Sebut saja gunung Tambora yang memiliki keindahan yang luar biasa disamping sejarah meletusnya yang menggemparkan dunia.

Begitu juga disektor pertanian dengan hamparan lahan yang masih sangat luas untuk dikembangkan. Selanjutnya disekor peternakan juga sangat menjanjikan dengan hamparan savana Tambora untuk mengembang biakan ternak.
Semua potensi itu lanjutnya hendaknya dapat dikelola dengan baik.

Pemuda sebagai salah satu pilar daerah hendaknya mampu memanfaatkan itu sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan diri. Untuk menjual berbagai potensi yang dimiliki pemuda harus mampu menjadi motivator dengan berbagai kreasi dan inovasi yang dimiliki. ‘’Dompu itu syurga lho,’’ungkapnya.

Perbankan sebagai lembaga keuangan akan siap berkontribusi dalam mengembangkan potensi itu. Salah satu yang bisa dilakukan perbankan adalah ikut serta dalam pembiayaan melalui modal usaha tentu saja tetap mengacu kepada ketentuan perbankan yang berlaku.

Sementara dari akademisi Ory Muhdar,M.Pd mengakui pendapat Novel tersebut bahwa Dompu adalah syurga. Sayangnya Muhdar yang kini tengah menempuh pendidikan S3 ini menyayangkan berbagai potensi itu belum dikembangkan secara maksimal.

Muhdar melihat, walaupun pemerintah saat ini telah berusaha memaksimalkan berbagai potensi yang ada, tetapi hasilnya belum mampu memberikan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Apa yang menjadi program pemerintah Kabupaten Dompu saat ini hanya memunculkan efek ledakan tunggal, sementara yang diharapkan adalah terjadinya ledakan  ganda yang menyebar keberbagai penjuru ekonomi. ‘’Upaya pemerintah saat ini hanya memunculkan ledakan tunggal, belum mengarah kepada ledakan ganda,’’paparnya.

Sedangkan dari pelaku ekonomi kreatif Arie Priyono mengakui kalau pemerintah saat ini sudah lebih terbuka terhadap berbagai program dan usaha masyarakat. Dia merasakan sepanjang apa yang dilakukan itu ril dan mampu berkontribusi bagi peningkatan ekonomi maka pemerintah akan siap membantu.

Dia juga mengakui dalam menjual berbagai produk yang dihasilkan tidak bisa dengan apa adanya. Tetapi hendaknya dibarengi dengan inovasi, kretifitas dan seni. Seperti dicontohkan usaha abon, jajan, kopi yang dilakoninya dapat dijual dengan baik setelah diberi kemasan yang menarik.

Dengan seni mengemas maka konsumen akan lebih tertarik dan berminat untuk memiliki dan mendapatkan produk itu. (Abdul Muis)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]