oleh

Inilah Potret Destinasi Pantai ‘Felo Janga’ Dompu NTB

DOMPU-Pantai Felo Janga Kecamatan Pajo Dompu NTB sudah tak asing lagi bagi warga lokal di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Sebab pantai ini merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi setiap akhir pekan, hari libur dan hari besar lainya. Tapi rupa aslinya seperti apa, Ini penampakanya?

Belum diketahui secara pasti sejak kapan dan siapa yang memberi nama pantai ‘Felo Janga’ ini. Tapi yang pasti label pantai dengan bahasa daerah ‘Felo Janga’ ada hununganya dengan gundukan bukit yang terletak agak ketengah laut di bibir pantai.

Untuk menjangkau bukit Felo Janga memang harus menggunakan perahu kira-kira beberapa menit lamanya, tapi pantai yang terhampar dipinggirnya warga lokal biasa menyebutnya sebagai pantai Felo Janga.

Secara harafiah, Felo Janga berarti Jengger Ayam. Nama itu memang sangat berhubungan dengan bentuk bukit yang menyerupai seekor ayam lengkap dengan jenggernya. Dulu sebelum pantai ini dikenal hanya dipakai sebagai ajang mancing karena terkenal banyak ikanya.

Inilah bukit Felo Janga yang lengkap dengan Jengger Ayamnya

Keindahan destinasi Felo Janga, tidak hanya berupa bukitnya yang menyerupai ayam, lebih dari itu memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang kekuning-kuningan, didukung air yang jernih dan pada cuaca tertentu memunculkan gelombang yang ekstrem.

BACA Air Terjun Kasih Sayang, Destinasi Baru Warga Dompu

Pada cuaca yang ramah pantai ini sangat cocok untuk tempat merendam diri sambil menikmati sejumlah keindahan alam lainya. Pantai ini berdampingan dengan pantai Wadu Jao (Baju Hijau) yang mana pantainya memiliki batu berwarna hijau. (Abdul Muis)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed