oleh

Petani Jagung Minta Sarana Jalan Diperhatikan

 

DOMPU–Sejumlah petani jagung yang tersebar di wilayah Kabupaten Dompu meminta adanya dukungan sarana infrastruktur jalan yang memadai.

 
Infrastruktur jalan yang memadai dinilai petani menjadi salah satu faktor penunjang tingkat produktifitas hasil tanaman jagung.

 
Bahkan sektor pertanian dan ekonomi kerakyatan diyakini petani bisa meningkat, apabila akses jalan pertanian dan jalan ekonomi bisa disediakan oleh pemerintah.

 
Keterbatasan sarana jalan itu dirasakan cukup menghambat para petani dalam melaksanakan kegiatan di lokasi. Apalagi lahan jagung di Dompu umumnya berada di wilayah perbukitan yang jauh dari akses jalan utama.

 
Untuk menuju lahan jagungnya masing-masing terkadang para petani harus berjibaku dengan kondisi alam sebab karakter medan jalan yang dilalui terbilang cukuplah extrem, karena berkelok, menanjak.

 
Jika saat musim hujan tiba, lokasi tersebut akan berubah menjadi kubangan raksasa penuh lumpur dan licin. “Jagung kini menjadi potensi andalan petani. Pemerintah kami harapkan bisa memperhatikan sarana jalan yang layak untuk petani,” kata Yusuf, salah seorang petani di wilayah, Kecamatan Kempo. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]