oleh

Target Upsus Siwab Disnak, Tersisa 20 Persen

 

DOMPU–Pelaksanaan program nasional Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) secara intensif harus dilaksanakan Dinas Peternakan (Disnak) Dompu.

 
Disnak Dompu telah bekerja extra guna memenuhi target Upsus sebanyak 7.020 ekor di tahun 2017. Program ini terintegrasi dengan kegiatan peningkatan kerbau dan sapi yang dilaksanakan secara berkelanjutan melalui ensiminasi buatan dan kawin alam.

 
Kadisnak Dompu Drs H Gazi Amansyuri mengemukakan program nasional Upsus Siwab oleh pihaknya kini telah mampu merealisasikan sebanyak 80 persen, dari yang ditargetkan. “Insya Allah target itu akan terpenuhi. Sisa 20 persen Desember nanti kami tuntaskan,” katanya.

 
Guna memenuhi target nasional tersebut, pihak Disnak dari awal telah bekerja maksimal. Para petugas teknis yang intens dilapangan atau petugas yang memeriksa kebuntingan diberikan pendidikan dan pelatihan.

 
Selain itu, pemeriksaan pola makan dengan cara pemilihan dan pemberian pakan yang berkualitas. Menjadi salah satu indikator penting dalam pelaksanaan program Upsus Siwab. “Pendekatan ke peternak terus dilakukan. Larangan menjual sapi betina untuk kebutuhan tetap tegas kami laksanakan,” pungkas Kadisnak. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]