Kurang Stok, Harga Daging Ayam di Dompu Naik

122
Pedagang Ayam Potong Dompu

DOMPU- Kecendrungan masyarakat Dompu mengkonsumsi daging ayam potong yang tinggi, tidak diimbangi dengan pelaku usaha ternak ayam potong di Dompu. Pasalnya harga ayam di pasar atas Dompu meningkat dratis hingga mencapai Rp 52 ribu/kg dari harga normal 25-35 ribu/kg.

Ibu Laila pedagang ayam potong mengaku Lonjakan harga tersebut dikarenakan harga dari pelaku usaha ternak sudah naik. “Karna harga dari pusat sudah naik, terpaksa kami juga menaikan harga” tegas Laila.

Kadis Perindag Dompu Dra Hj Sri Suzana,M.Si menanggapi kenaikan harga ayam potong dikarenakan tingkat konsumsi ayam potong yang tinggi, sayangnya jumlah pelaku usaha di sektor usaha ternak ayam masih minim.

“Dinamika pasar, ketika suatu barang banyak diminati maka akan semakin naik harga barang tersebut” paparnya.

Menurut Kadis yang biasa di sapa Umi Nana ini, terbatasnya stok ayam potong dipasaran berpotensi untuk terjadinya permainan harga di pasaran oleh penjual atau tengkulak.

Terlebih ketersediaan ikan laut yang minim akibat cuaca buruk semakin berpeluang melonjaknya harga daging ayam.

”Irama pasar itulah yang di manfaatkan pedagang atau tengkulak di pasaran, mau tidak mau konsumen memilih membeli ayam potong, dan kebetulan tetap laku,” tambah Umi Nana.

Disperindag berencana akan berkordinasi dengan pihak Peternakan untuk mengetahui pastinya berapa jumlah pedagang ayam potong, agar bisa menanggulangi adanya dinamika pasar yang bisa merugikan konsumen. (DB03)

Komentar