oleh

Pelabuhan Nusantara Akan Dibangun Di Kilo

DOMPU—Pelabuhan Nusantara akan segera dibangun di Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, pelabuhan ini direncanakan sebagai pusat bongkar muat terbesar di NTB. Sementara ini pemerintah setempat tengah melakukan penafsiran harga tanah sebagai persiapan pembangunanya.

Kabag Tata Pemerintahan (Tata Pem) Setda Dompu, Drs Mustakim Ali mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai tahap persiapan terhadap proses pembangunan pelabuhan nusantara itu. ‘’Untuk saat ini masih dilakukan penafsiran harga tanah,’’ katanya.

Lahan yang di;ilih untuk pembangunan pelabuhan tersebut terletak di Desa Mbuju, Kecamatan Kilo. Menurut Asikin, selain penafsiran harga. Pihak Pemkab juga tengah mepersiakan untuk proses pengukuran tahah. ‘’Nanti BPN provinsi yang akan melakukan pengukuran,’’ tuturnya. Setela ini rampung dilakukan, proses selanjutnya akan menjadi kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait. ‘’Kewenangan kami hanya sebatas menyediakan lahannya saja,’’ ujarnya.

Sebagaimana dikjetahui sebelumnnya Gubernur NTB telah bersurat ke Menteri Perhubungan RI guna meminta dukungan terhadap proses pembangunan pelabuhan nusantara tersebut. Sejauh ini pula pemerintah setempat telah telah menyiapkan dana Faesibility Study atau Detail Engineering Desieng (DED).

Luas lahan yang dibutuhkan untuk areal pembangunan pelabuhan sebanyak 35 hektare. Pembangunan pelabuhan ini pun ditaksir menelan anggaran senilai RP 150 miliar.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]