oleh

Pencairan Dana BSPS Tuntas

DOMPU—Kendati banyak menuai gejolak dari komponen masyarakat. Tahapan pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2012 kini tuntas terlaksana. Ini ditandai dengan tuntasnya proses pencairan dana bantuan yang bersumber dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) ke masing-masing warga penerima manfaat.

Kordinator pelaksana program BSPS, Ir Abdul Muis yang dikonfirmasi di ruang kerjanya kepada Radar tambora, kemarin mengungkapkan untuk tahapan pencairan dana bantuan program BSPS pelaksanaan tahun 2012, saat ini telah tuntas terlaksana. Pada program BSPS tahun 2012, jumlah warga kabupaten Dompu yang menerima bantuan program bedah rumah tersebut yakni sebanyak 3.810.

Di awal pelaksanaannya, program bantuan Kemenpera ini, kerap memicu munculnya reaksi dari elemen masyarakat. ‘’Alhamdulilah pencairan dana bantuanya sudah rampung semua,’’ katanya.

Muis mengaku, tuntasnya pelaksanaan program tersebut tidak terlepas dari adanya dukungan dari semua komponen masyarakat. Terutama para warga penerima manfaat. Perihal munculnya gejolak dan persoalan yang menyertai jalannya pelaksanaan program BSPS ditingkat lapangan, seperti adanya aksi protes dan unjuk rasa itu kata Muis menjadi hal yang wajar. ‘’Gejolak itu pun muncul murni hanya karena mis komunikasi saja,’’ ujarnya.

Kabid Fisik, Bapeda Dompu ini mengatakan, secara fisik pelaksanaan program BSPS tersebut saat ini memang belum tuntas semua. Kondisi terakhir dilapangan kata dia, tahap pelaksanaan pekerjaan oleh masing-masing warga penerima manfaat, berkisar 99 persen. ‘’Hampir rampung, tinggal finising saja,’’ katanya.

Muis mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah pusat, daerah dan komponen masyarakat atas pelaksanaan program tersebut. Sebab kata dia, animo masyarakat Dompu menerima bantuan itu cukup tinggi. ‘’Sesuai dengan azas program ini. Swadaya yang dilakukan masyarakat cukup baik,’’ tuturnya.

Adanya dukungan dan respon baik dari masyarakat itu kata Muis, dalam waktu dekat ini pihaknya bersama pemerintah terkait akan kembali melaksanakan program BSPS tersebut untuk tahun 2013 ini

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]