oleh

HUT Dompu 198, Momentum Tambora Menyapa Dunia

DOMPU—Hari ulang tahun Kabupaten Dompu yang ke 198 tahun 2013 dijadikan sebagai momentum bagi Tambora Menyapa Dunia. Gubernur NTB DR Zainul Majdi saat memimpin upacara HUT Dompu pada rabu 11 april 2013  dilapangan beringin Pemkab Dompu menyatakan letusan dahsyat gunung api Tambora tahun 1815 silam merupakan awal dari peradaban baru bagi kehidupan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Launching program tambora menyapa dunia ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur NTB bersama Wakilnya, Ir. H Badrul Munir, MM dan Bupati Dompu, Drs. H Bambang M. Yasin beserta Wabup, Ir. H. Syamsuddin, MM. Disaksikan pula, Angota DPR RI Dapil NTB, Dr. Abdurrahman Abdullah, Bupati/Walikota Se-NTB dan unsur muspida serta sejumlah pejabat teras baik, dilevel Provinsi maupun dilingkup Pemkab Dompu.

Dikatakan Gubernur, selain dahsyatnya letusan gunung tambora yang mendunia, juga mendatangkan awal yang baik bagi tumbuhnya siklus kehidupan baru. Dengan berbagai berkah dan kesuburan tanah Dompu yang dibawanya hingga kini. ‘’Melalui peringatan hari jadi Kabupaten Dompu ini, saya meluncurkan program tambora menyapa dunia tahun 2015,” ucapnya.

Seiring peringatan dua abad meletusnya gunung tambora. Program ini kata Gubernur, dihajatkan sebagai pengungkit kepariwisataan daerah Nusa Tenggara Barat, yang kini telah mulai dikenal dunia internasional. Ia berharap kepada para pihak untuk mendukung agenda besar pemerintah tersebut. ’’Masyarakat diharapkan segera melakukan berbagai persiapan, guna mensukseskan program tambora menyapa dunia. Program ini, harus dipastikan mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat di daerah,” ungkapnya

. Program tambora menyapa dunia dalam merayakan peringatan meletusnya salah satu Gunung yang mengguncangkan dunia akibat letusanya yang begitu dahsyat digagas oleh Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung kemajuan dunia pariwisata daerah. Peringatan II Abad meletusnya Gunung Tambora yang akan dihelat pada tahun 2015 mendatang, merupakan kelanjutan dari program Lombok Sumbawa Visit 2012.

Dimana tahun depan ditargetkan ada kunjungan dua juta lebih Wisman baik asing maupun lokal akan berkunjung di lokasi obeyek wisata di NTB. Dinas Parwisata Provinsi NTB bersama Pemerintah Kabupaten Dompu sebagai tuan rumah perayaan kegiatan tersebut telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut even tingkat dunia tersebut.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]