oleh

Mutasi Pemkab Dompu, Istri Bupati Diteror

SETELAH lama dinanti-nanti, akhirnya kemarin Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin merombak susunan kabinetnya. Sebanyak 105 pejabat mulai eselon IV sampai eselon II, Jumat sore kemarin di mutasi.

Namun dibalik proses mutasi tersebut, bupati mengungkapkan ada perilaku kurang etis yang ditunjukan oleh oknum-oknum terentu yang diduga tidak merasa puas dengan sikap bupati terkait persoalan mutasi. Menanggapi itu, bupati mengungkapkan bahwa urusan mutasi itu adalah hal yang biasa. Dan tak perlu ditanggapi secara berlebihan. ‘’Mutasi bukanlah hal luar biasa. Ini semua murni kebutuhan organisasi. Jadi tidak perlu ditanggapi yang aneh-aneh,’’ ungkapnya dihadapan sejumlah pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Mutasi yang digelar di gedung PKK Dompu kemarin, juga dihadiri Wabup Ir H Syamsuddin MM, Sekda H Agus Buhari SH MSi, Kasdim 1614 Dompu dan anggota DPRD Drs Syamfrin A Mansyur. Menurut bupati, mutasi itu merupakan upaya penyegaran yang harus dilakukan dalam tatanan birokrasi. Juga sebagai niatan untuk memberikan kesempatan bagi para pejabat yang memiliki potensi dan layak untuk diangkat.

Karena memang selama ini kata dia, ada banyak pejabat yang telah lama menunggu bahkan hingga bertahu-tahun. ‘’Tidak boleh ada penilaian satu orang yang menikmati tempat basah dan yang lain menikmati tempat kering. Ini semua harus dipandang sama, karena ini kebutuhan organisasi,’’ tandasnya.

Secara tegas orang nomor wahid di Kabupaten Dompu ini, menyesalkan sikap oknum-oknum tertentu yang melayangkan SMS yang isinya tidak enak didengar bahkan mengarah ke nada ancaman. ‘’Jangan lagi mengirim orang untuk sms ke saya. Kok istri saya yang tidak mengerti apa-apa ikut diteror. Ini bukan hanya kerjaan bupati tapi kerjasama semua pihak yang terkait,’’ sesal H Bambang.

Diungkapkan bupati, mutasi kemarin adalah yang kelima kali digelar selama kepemimpinannya. Alasan bupati tidak melakukan mutasi dengan jeda waktu yang cukup lama itu, yakni setiap mutasi yang ada dirinya tidak melihat ada perubahan yang luar biasa dari para pejabat yang dilantik. ‘’Mulai masuk kerja senin besok, kita semua harus bisa memberikan perubahan yang berarti bagi pembangunan masyarakat dan daerah ini,’’ katanya.

Dipenghujung sambutannya, bupati menyampaikan selamat bagi para pejabat yang mendapat kesempatan promosi. Dan bagi para PNS serta pejabat yang belum berksempatan dipromosi, bupati menyampaikan permohonan maaf. ‘’Karena tidak mungkin saya bisa memuaskan dan memenuhi kepentingan semua orang. Sebagai pemimpin inilah yang bisa saya lakukan,’’ pungkas H Bambang sembari berucap Innalilihahi Wainnailaihirajiun.

Sementara itu, anggota DPRD Dompu Drs Syafrin AM yang diminta tanggapannya mengaku mutasi kali ini sudah cukub bagus dilakukan bupati. Ketua DPD Golkar Dompu ini juga mengaku sepakat dengan penegasan yang disampaikan bupati. ”Komposisi mutasi sekarang sudah baik. Ya harus disadari semua pihak, kepetingan semua komponen tidak mungkin bisa dipenuhi bupati saat ini juga,” katanya.

Syafrin berharap para pejabat yang mendapat promosi kemarin, agar ke depan bisa bekerja maksimal dan memberikan kontribusi yang baik pula terhadap kemajuan daerah. ”Pejabat yang sudah mendapat kepercayaan itu harus bisa bekerja lebih baik lagi,” pintanya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]