oleh

TNI dan Penyuluh Siap Sukseskan Upsus Pajale

DOMPU-Menjelang musim tanam, sejumlah Babinsa dan Penyuluh di Kecamatan Kempo menggelar rapat koordinasi. Rapat itu digelar dalam rangka mempersiapkan berbagai kebutuhan di bidang pertanian.

 

Koordinasi itu merupakan bentuk kesiapan TNI dan Penyuluh untuk mensukseskan program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale). Apalagi program yang dilaksanakan sampai tahun 2017 mendatang itu merupakan kerjasama TNI AD dengan Dirjen Pertanian.

Kepala BPP Kecamatan Kempo, Masujang SPt mengatakan, menjelang musim tanam pihaknya bersama Babinsa mempersiapkan penyaluran sarana produksi. Seperti bibit, pupuk, obat-obatan dan lain sebagainya. “Bersama TNI kita melakukan pendampingan khusus terhadap penyaluran sarana produksi. Sebagai upaya mensukseskan program Upsus Pajale ini,” ungkapnya.

Dengan adanya keterlibatan TNI kata dia, akan membantu pengamanan penyaluran sarana produksi. Sebab diakui, selama ini kerap terjadi masalah dalam proses penyaluran. Lantaran tidak ada keterlibatan pihak keamanan. “Tahun ini penyaluran sarana produksi terutama pupuk bisa kita pastikan aman. Sebab langsung di backup TNI,” katanya.

Pendampingan itu lanjutnya, juga dilakukan untuk memastikan sarana produksi sampai pada petani tepat waktu. Sehingga tidak berpengaruh pada peningkatan hasil pertanian. “Jika sarana produksi telat sampai kepada petani, maka akan mengganggu normalitas hasil pertanian. Hal itu yang perlu kita kawal bersama,” ujarnya. Dia berharap berbagai persiapan yang dilakukan akan membantu suksesnya Upsus Pajale. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan petani.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]