oleh

Woja Akan Verifikasi Ulang Kelompok Tani

 

DOMPU-Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB akan dilakukan verifikasi ulang. Hal itu agar penyaluran bantuan tepat sasaran serta untuk menghindari adanya kelompok fiktf.
Kepala UPT Pertanian dan Perkebunan Woja, Edison HD SH mengakui, tahun 2016 banyak ditemukan Poktan fiktif. Sehingga bantuan bibit yang disalurkan tidak sampai ke Poktan yang aktif.

“Untuk itu, kami harus waspada dalam menyalurkan bantuan kepada kelompok tani. Sehingga, tahun ini Poktan penerima perlu kami verifikasi lagi,” tegas Edison.

Dia menyatakan, semua Poktan yang terdaftar akan diverifikasi kembali secara teliti dan cermat. Supaya tidak muncul kelompok fiktif yang menerima bantuan.

Mulai tahun ini kata dia, poktan yang terdaftar di tiap desa menjadi tanggungjawab Desa. Mereka yang mendata dan mengesahkan secara otoritas kelembagaan masing-masing Poktan.

“Ada empat unsur yang terlibat dalam penyaluran bantuan nanti. Selain Desa, juga dibantu Babinsa, Babinkamtibmas dan tim penyuluh,” katanya.

Secara aturan kata dia, masing-masing kelompok tani harus memiliki lahan seluas 25 hektare. Memiliki pengurus dan anggota yang aktif serta berkesinambungan.

“Kondisi ini yang ingin kami dibenahi dengan baik. Sehingga tidak kecolongan dalam menyalurkan bantuan,” pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]