oleh

Pembebasan Lahan Pelabuhan Nusantara Segera Dilaksanakan

 
DOMPU–Tahapan pembangunan pelabuhan nusantara di Desa Mbuju, Kecamatan Kilo mulai dilaksanakan. Dalam waktu dekat pihak panitia pembebasan lahan akan segera melakukan pembayaran terhadap ganti rugi atas tanan sejumlah warga.

Melalui APBD II pemerintah saat ini telah menyediakan anggaran sebasar Rp 10 miliar untuk proses pembayaran ganti rugi tanah milik warga. Luas lahan yang akan dibebaskan pemerintah sebanyak 35 hektar.

Anggaran tersebut selain digunakan untuk membayar ganti rugil lahan. Juga dimanfaatkan sebagai biaya pembuatan akses jalan menuju titik central pelabuhan. “Kita sudah sosialisasikan kepada pemilik lahan,” ungkap Kabag Tatapem, Pemkab Dompu, Yuhasmin Ismail MSi saat dikonfirmasi.

Selain sosialisasi, Yuhasmin mengaku telah membuat berita acara dengan sejumlah pemilik lahan terkait keaediaan melepas hak milik lahan dimaksud.

Sebagai amanat undang-undang dalam proses ini pula pamerintah juga diharuskan melalukan konsultan publik. “Pemilik lahan sudah tidak ada masalah. Sekarang kita lagi persiapan pembebasan lahan,” ujarnya.

Dengan persiapan segala kematangan peraiapan yang ada. Pihaknya kata Yuhasmin sangat berkomitmen untuk memaksimakan proses pembebasan lahan pelabuhan dimaksud. “Pak bupati menginstruksikan panitia agar pembebasan lahan dituntaskan tahun ini. Karena tahun depan pembangunan fisik mulai dilaksanakan,” pungkas pejabat yang juga ketua Koni Dompu itu.

Adanya rencana pembangunan pelabuhan nusantara itu merupakan pnghargaan besar bagi warga Dompu. Terutama sejumlah warga yang ada di wilayah Kecamatan Kilo. “Semoga ini akan memberikan kesejahteraan bagi warga Kilo,” tutur Anhar salah seorang tokoh muda di kecamatan paling utara kota Dompu tersebut. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]