Drg. Putu Yuni Artati, Cara Sikat Gigi Yang Benar

25

DOMPU,- Dokter gigi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu (RSUD) Drg. Putu Yuni Artati mengungkapkan pentingnya menjaga dan merawat kesehtan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

Dokter Yuni yang ditemui DompuBicara diruangannya tersebut menjelaskan, bagaiman cara menyikat gigi yang baik dan benar, agar terhindar tetap sehat dan terhindar dari penyakin yang disebabkan oleh kotoran yang ada di mulut.

Pertama, pemilihan sikat gigi  yang benar menurutnya harus yang berbulu halus, karena pemilihan sikat gigi yang kasar akan menyakiti gusi dan membuat gigi abrasi atau  terkikisnya gigi  secara mekanis karena penggunakan sikat gigi yang terlalu keras.

Kemudian pemiihan pasta gigi, ia menjelaskan semua pasta gigi sama yang penting pasta gigi tersebut mengandung fluoride yang bertujuan untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula.

Terakhir cara menyikat gigi, cara menyikat ini menurutnya sangat penting, ia menganjurkan agar menyikat dengan cara memutar, dan diulangi lagi sabanyak delapan kali, darena dengan cara tersebut plak dan karang gigi akan keluar, ia sangat tidak menganjurkan menyikat dengan cara bolak balik, karena hanya akan mebuat plak masuk kedalam gusi.

Lebih jauh Dokter Yuni berharap, dengan pengoperasian sikat gigi yang baik dan benar, masyarakat akan sadar terhadap kesehatan giginya, terutama kesehatan mulutnya.

 

Komentar