Musim Hujan, Ispa dan Diare pada anak Meningkat

21

DOMPU,- Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare umumnya terjadi pada awal menjelang musim hujan dan saat musim hujan, faktor kekebalan daya tahan tubuh menjadi sangat penting agar terhindar dari kedua penyakit ini.

Kepala Ruang Anak RSUD Dompu Iin Iskanturani SST menjelaskan ada peningkatan pasien anak yang dirawat dengan penyakit Ispa dan diare, pasalnya pada bulan November lalu, ia hanya menerima pasien sebanyak 50 anak, namun pada awal Desember ini pasien yang dirawatnya terhitung sudah 80 anak, angka tersebut diprediksi akan terus naik hingga akhir tahun ini.

Ia menambahkan, cuaca yang sering berubah-ubah menjadi faktor utama yang menyebabkan daya tahan tubuh anak menurun, sehingga virus atau bakteri gampang masuk kedalam tubuh si anak.

Menurutnya Ispa dan Diare adalah penyakit yang terus berulang setiap tahunnya, angka penderitanya akan meningkat ketika menjelang musim hujan dan saat musim hujan.

“lingkungan yang kotor dan cuaca yang berubah-ubah menjadi faktor anak mudah terserang penyakit Ispa dan Diaere”, jelas Iin. (DB03)

Komentar