Dinas Kesehatan, Rabies Mematikan Namun Bisa di Cegah

0

DOMPU,- Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu pagi  Sabtu (19/01) melakukan sosialisasi terkait penanganan dan penanggulangan gigitan anjing rabies di RSUD Dompu.

Terus bertambahnya jumlah korban gigitan anjing belakangan ini, memaksa pihak Dinas mengambil langkah-langkah penanganan baik terhadap hewan yang berpotensi menyebarkan rabies, maupun terhadap orang yang telah tekontaminasi.

Kepala Dinas Kesehatan, Hj Iris Juwita SKM, M.Mkes menjelaskan, fenomena gigitan anjing mulai rame di perbincangkan sejak Oktober 2018 hingga sekarang. Sebelumnya Kabupaten Dompu belum pernah menangani kasus rabies, namun saat ini, jumlah kasus orang yang tergigit oleh anjing yang diduga rabies mencapai 69 korban.

Langkah-langkah yang dilakukan sesuai kordinasi dengan pihak-pihak terkait yaitu, imunisasi hewan sebanyak 3.000 faksin, kemudian eliminasi guna mengurangi populasi hewan tersebut dengan cara dimusnahkan, dan terakhir sterilisasi.

Ia juga mengaku, beberapa hari lalu Dinas Peternakan telah melakukan langkah eliminasi, yaitu memusnahkan sebagian anjing yang berpotensi menularkan rabies.

Lebih jauh Umi Iris menjelaskan bahwa, untuk faksin rabies sudah bisa di dapatkan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Dompu, ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang.

“Rabies mematikan, tapi dapat di cegah” terangnya. (DB03)

Komentar