oleh

Kadis Budpar Dompu Tutup Kawasan Wisata di Hari Pergantian Tahun

DOMPU-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu Khaerul Insan,SE,MM menutup seluruh kawasan wisata menjelang hingga pergantian tahun baru. Keputusan itu menindajklanjuti himbauan Bupati Dompu Nomor 383 tashun 2020 tertanggal 18 Desember tentang pengendalian kegiatan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di masa liburanhari tahun baru 2021.

Penutupan tersebut terhitung dari tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 03 Januari 2021 untuk mengantisipasi terjadinya penularan dan penyebaran Virus Corona di kalangan masyarakat.

Dikatakan Khaerul Insan Mengingat penyebaran dan penularan virus Corona di Kabupaten Dompu terus meningkat Pemkab Dompu memutuskan untuk melakukan penutupan sementara setiap destinasi wisata yang diperkirakan akan ramai menjadi daerah kunjungan terutama di malam tahun baru.

Masyarakat dimintaKhaerul agar dapat memahami kebijakan pemerintah tentunya untuk kebaikan bersama ditengah pandemi yang masih berlangsung. ”Kebijakan ini harus bisa dimengerti oleh masyarakat dengan tidak bersedia mendatangi tempat-tempat keramaian,” ujarnya.

Kapolres Dompu AKBP Syarif HIdayat SH,SIK mengaku akan melaksanakan maklumat Kapolri yang mengamanatkan agar mencegah terjadinya kerumunan di tempat-tempat wisata maupun di  hotel atau café. Karenanya personil Polres yang diback up oleh TNI dari Kodim 1614 Dompu bersama personil instansi terkait akan melakukan pengamanan di pos – pos yang ditentukan sebagai pos pencegahan untuk memulangkan setiap warga yang hendak menyambut malam pergantian tahun di daerah wisata.

Pihak Polres juga akan mengawasi pusat keramaian didalam kota yang menjadi ajang terjadinya kerumunan, seperti ditaman kota. ”Ada potensi yang menimbulkan keramaian kita bubarkan,” tandas Kapolres.

Sementara sejumlah warga yang telah mengagendakan untuk melakukan perjalanan wisata ke kawasan yang biasa dikunjungi setiap hari lebaran, tahun baru dan hari-hari besar lainya terpaksa mengurungkan niat hingga dicabutnya kebijakan pemerintah.

”Agenda wisata ke pantai terpaksa kami tunda, ini sebagai tanda kepatuhan untuk menghindari kerumunan ditengah pandemi,” ujar H Alamsyah warga Dompu.

Dirinya bersama keluarga kata dia sudah terbiasa mendatangi kawasan wisata bila hari-hari besar, seperti tahun baru dan lebaran. ”Tapi jelas tahun ini kami urungkan niat untuk berwisata,” pungkasnya. (DB01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]