oleh

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Lombok Barat

Oleh : Bunga Aulia Khafifa Nim 210502092

Banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Lombok Barat, diantaranya  Kecamatan Batu Layar dan Kecamatan Gunung Sari. Diperkirakan air mulai masuk pemukiman warga sejak hari Senin 6 Desember 2021.

Banjir dipicu curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air sungai meluap dan merendam beberapa desa di Lombok Barat. Akibat banjir tersebut, warga di kecamatan Gunung Sari mengungsi ke tempat-tempat yang belum terkena banjir.

Semua warga panik ketika banjir makin membbesar dan mereka berusaha menyelamatkan harta bendanya yang berharga. Sebagian warga ada yang mengungsi di masjid dan beberapa posko yang disediakan ada juga yang mengungsi ke rumah sanak saudara yang tidak terkena banjir. Semua warga korban banjir mendapatkan bantuan berupa mie instan, nasi bungkus, beras, pakaian, sembako, perlengkapan bayi dan sejenisnya.

Hujan yang disertai angin kencang itu juga menumbangkan sejumlah pohon beberapa diantaranya menimpa rumah penduduk dan rusak. Selain itu arus air yang cukup deras juga menyebabkan sebagian rumah-rumah warga rusak karena tidak mampu menahan arus yang begitu deras.

Banjir yang menerjang dua kecamatan di Lombok Barat ini tidak hanya menyebabkan kerugian harta benda tetapi menyebabkan empat orang meninggal dunia dan enam lainnya luka-luka, dan satu orang dikabarkan hanyut terbawa arus. Namun setelah beberapa hari Timsardan Basarnas menemukan korban yang dinyatakan hilang tersebut dalam kondisi yang menggenaskan yakni dalam keadaan tubuhnya tertimpa pohon dan tumpukan sisa banjir’

Banjir ini di sebabkan tidak lain oleh ulahtangan manusia yang tidak disiplin,banyak warga yang membuang sampah ke sungai, sehingga sampah tersumbat di sungai kemudian pada saat hujan turun dengan curah yang tinggi air sungai tersebut meluap dan mengakibatkan banjir yang tinggi dan deras

Adapun Cara mencegah banjir yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membakar sampah yang kering,sedangkan sampah yang basah di buang di lobang tanah. Selain itu kita juga harus menghentikan penebangan liar di hutan karena dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Oleh karena itu, marilah kita sama- sama membangun kesadaran diri masing-masing ,untuk selalu menjaga lingkungan kita agar terhindar dari bencana alam banjir. Karena selama ini pemerintah pun telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya banjir, tetapi semua masyarakat pun harus mendukung agar semua bisa teratasi dengan baik. Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Lombok menjadi bukti lemahnya kinerja pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan rendahnya pemahaman pemerintah atas akibat kerusakan hutan. (^)

Penulis adalah mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Semester 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  Univerita Islam Negeri Mataram.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed