Ratusan Penderita Katarak Ikut Screening

224

DOMPU—Ratusan penderita Katarak, Selasa (7/4) mengikuti screening di RSUD Dompu. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi pasien sebelum di operasi. ‘’Apakah pasien memenuhi syarat di operasi atau tidak. Tergantung hasil screening,” ungkap perawat mata Yulianti Bhayangkari SKM pada koran ini kemarin.

Total penderita Katarak yang mengikuti screening hingga siang kemarin mencapai 500 orang. Jumlah tersebut bisa saja bertambah. Karena RSUD masih membuka pendaftaran. ‘’Target penderita Katarak yang akan di operasi hanya 100 orang,” katanya.

Proses screening dilakukan oleh 3 dokter spesialis mata dari Mataram. Screening dilakukan di Lantai II RSUD Dompu. ‘’Untuk menangani operasi. Selain tiga orang dokter ini. Akan ada tambahan tim dokter spesialis mata lagi,” ungkapnya.

Operasi Katarak tahap kedua katanya, akan digelar selama dua hari berturut-turut. Mulai Rabu (8/4) sampai dengan Kamis (9/4) mendatang. Kegiatan ini digelar KOMPAS dalam rangkaian kegiatan Tambora Menyapa Dunia (TMD).

Kabid Pelayanan RSUD Dompu dr H Dias Indarko MPPM mengaku, tidak semua pasien yang melakukan screening menderita penyakit Katarak. Namun ratusan pasien tersebut, menjalani pemeriksaan dengan berbagai keluhan mata. Seperti, ‘’Kebetulan saja ada dokter mata. Jadi sekalian saja mereka memanfaatkan kesempatan itu,” ungkapnya.

Dia mengaku, pasien yang akan mengikuti operasi hanya penderita Katarak. ‘’Nanti dalam proses screening akan terseleksi. Mana yang menderita Katarak. Dan mana yang tidak,” pungkasnya. (advertorial)

Komentar