oleh

Kades Raba Baka Raib…

Diduga Takut Pertanggungjawabkan ADD

 

DOMPU—Kades Raba Baka, Kecamatan Woja Dompu Hafid Yusuf raib entah kemana. Terhitung sudah tiga bulan kades ini meninggalkan kantor serta rumahnya tanpa informasi apapun. Karenanya desa yang terletak diujung utara Kecamatan Woja itu di PLH oleh sekretaris desa Ilham M Tayeb.

Kepergian kades menyisakan persoalan yang rumit dikantor desanya. Informasi yang diperoleh kades yang bersangkutan diduga menyalahgunakan keuangan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 133 juta program tahun 2015 lalu.

Sedianya anggaran itu diperuntukan bagi pembangunan infrastuktur desa, nyatanya tak ada yang dikerjakan. Akhir tahun program desa tersebut minta dipertanggungjawabkan, tapi yang bersangkutan beralasan macam-macam sampai menghilangkan diri.

Kepala BPMPD Dompu H Supardin,M.Si mengakui kalau sang kades sudah beberapa bulan terakhir meninggalkan tugas. Pihaknya telah berupaya mencari dan menghadirkan kekantor BPMPD tetapi tak berhasil karena tak pernah ada dirumah.

Diakui Supardin sebelumnya pernah mempertanyakan perihal program yang tidak dikerjakan sang kades. Kadespun mengakui hal itu dan uangnya telah dipakai olehnya. Saat itu kades diminta untuk menyelesaikan persoalan tersebut, paling tidak mengembalikan sejumlah uang yang telah dimanfaatkanya. ‘’Tetapi hingga hari ini yang bersangkutan tak tahu entah kemana,’’ sesal Supardi.

Karena persoalan tersebut tak bisa diselesaikan pihak BPMPD telah menyerahkan persoalanya ke inspektorat untuk diselesaikan. ‘’Kasusnya kini telah ditangani inspektorat,’’ jelasnya.

Untuk menjalankan roda organisasi desa pihaknya telah mengeluarkan pelaksana tugas harian (PLH) sekretaris setempat. Sementara sejumlah aparat desa Raba Baka menyesalkan sang kadesnya raib entah kemana. Akibatnya berbagai program desa terkendala.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed